Desainer Karl Lagerfed Tutup Usia

Hari Murtono | 20 Februari 2019 | 07:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kabar duka datang dari industri mode internasional. Perancang ternama asal Jerman, Karl Lagerfeld meninggal dunia di usianya yang memasuki 85 tahun.Direktur kreatif di rumah mode Chanel dan Fendi yang telah menginspirasi sesama perancang dan model di seluruh selama kariernya dan dikabarkan sakit sejak awal tahun dan meninggal di Paris. Lagerfeld disebut tetap menjalankan kerja kreatifnya hingga menjelang kematian.

Kabar tersebut tentu saja membuat insan industri fashion berduka. Banyak kolega Lagerfeld memberikan penghormatan, termasuk desainer Italia Donatella Versace, desainer Henry Holland, serta Caroline Rush, kepala eksekutif British Fashion Council."Kami sangat berduka mengetahui berita meninggalnya Karl Lagerfeld hari ini. Kontribusinya yang tak tertandingi untuk industri fashion mengubah cara wanita berpakaian dan memahami mode. Ia menginspirasi generasi desainer muda dan akan terus melakukannya,” tukas Rush.

Lagerfeld yang dikenal sangat produktif, merancang koleksi untuk mereknya sendiri dan berkolaborasi dengan merek H&M. Lagerfeld diketahui sedang tidak sehat selama beberapa pekan terakhir dan telah melewatkan sejumlah peragaan busana penting. Lagerfeld lahir Karl di Hamburg, Jerman pada 10 September 1933, sebelum perang. Lagerfeld mengubah nama aslinya dari Lagerfeldt, karena percaya itu terdengar lebih komersial.Lagerfeld memutuskan pindah ke Paris saat remaja dan menjadi asisten desain untuk perancang Pierre Balmain, sebelum bekerja di Fendi dan Chloe pada ‘60-an.

Nama Lagerfeld mulai naik daun ketika ia menjalin kerjasama dengan dengan label Chanel.Dia memulai karir panjangnya dengan rumah mode tersebut pada tahun 1983, satu dekade setelah Coco Chanel meninggal. Desain Lagerfeld membawa kesegaran pada label tersebut, menambahkan kemewahan pada setelan jas wol primer makin mendunia. Lagerfeld bekerja tanpa kenal lelah untuk labelnya sendiri, secara bersamaan ia merambah koleksi Fendi, LVMH dan labelnya sendiri hingga kematiannya.

(hari/ari)

Penulis : Hari Murtono
Editor: Hari Murtono
Berita Terkait