Kiprah Angelina Jolie Sebagai Utusan Khusus UNHCR, Badan PBB untuk Pengungsi

Redaksi | 22 Agustus 2021 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Angelina Jolie mengguncang dunia maya setelah bergabung dengan Instagram dan unggahan pertamanya viral. Hanya 11 jam dan satu postingan Angelina Jolie mengumpulkan 4 juta pengikut. Selain masih aktif berakitng di Hollywood, sudah lama Angelina Jolie mengabdikan diri di UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees) atau Komisioner PBB untuk Pengungsi. Dikutlip dari laman unhcr.org, Angelina Jolie ditunjuk sebagai Utusan Khusus pada April 2012. Dalam perannya yang diperluas, Jolie berfokus pada krisis besar yang mengakibatkan perpindahan penduduk massal, melakukan advokasi dan mewakili UNHCR dan Komisaris Tinggi di tingkat diplomatik.

Sebagai utusan Khusus untuk UNHCR, bulan Juni 2021 lalu Angelina Jolie, berada di Burkina Faso, Afrika Barat saat peringatan Hari Pengungsi Sedunia untuk memberikan perhatian pada keadaan darurat di sana. 

Burkina Faso sangat terpengaruh oleh krisis pengungsian saat ini di wilayah Sahel di Afrika Barat dan Tengah. Lebih dari 1,2 juta orang terpaksa meninggalkan rumah mereka sejak 2019. 

Dua minggu sebelum kunjungan Angelina Jolie, 138 orang dari satu desa dieksekusi ketika orang-orang bersenjata menyerbu desa mereka, di tengah malam. Itu serangan paling mematikan di negara itu dalam lebih dari enam tahun. Pendanaan untuk respon UNHCR di Burkina Faso tetap sangat rendah, dengan hanya 22 persen dari pendanaan yang dibutuhkan terpenuhi.

Dalam kunjungannya, Angelina Jolie yang mengenakan kerudung dan masker tampak berbincang dengan para wanita pengungsi dalam sebuah pertemuan di Kamp Pengungsi Goudoubo.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait