Mengharukan, Alasan Pangeran Charles Pakai Setelan Jas Biru saat Pemakaman Putri Diana

Binsar Hutapea Jumat, 3 September 2021 22:30:45
Mengharukan, Alasan Pangeran Charles Pakai Setelan Jas Biru saat Pemakaman Putri Diana (Dok. Instagram_

TABLOIDBINTANG.COM - Putri Diana meninggal secara tragis dalam kecelakaan mobil di Paris pada 31 Agustus. Satu minggu kemudian, tepatnya pada 6 September 1997, dia dimakamkan. Acara Pemakaman Diana disaksikan miliaran pasang mata di seluruh dunia lewat layar televisi. Ini menjadikannya sebagai salah satu acara televisi  paling banyak ditonton dalam sejarah.

Salah satu momen mengharukan dalam pemakaman dia adalah saat Pangeran William dan Pangeran Harry berjalan di belakang kereta jenazah Diana. Kedua pangeran remaja tersebut berjalan ditemani Pangeran Charles, Charles Spencer (adik Diana), dan Pangeran Phillip. Kecuali Charles, semuanya mengenakan setelan jas hitam. Charles malah mengenakan setelan biru tua. Pilihan warna setelan jas biru saat acara pemakaman  membuat orang sempat bertanya-tanya dengan keputusan sang Pangeran. Ada yang menganggap Charles tak menghormati Diana dengan menggunakan jas biru. 

Belakangan terkuak, ada alasan khusus Charles mengenakan setelan biru tua di hari itu, dan alasannya mungkin mengejutkan bagi sebagian orang. 

Pangeran Wales memang sengaja mengenakan jas biru tua di pemakaman mantan istrinya. Itu bentuk penghormatan kepada sang putri. Biru tua merupakan warna favorit Diana.

"Jika Anda melihat Pangeran Charles di pemakaman Diana, dia tidak mengenakan pakaian hitam, dia mengenakan setelan biru tua dan itu karena Diana menyukai warna biru tua," kata editor Daily Mail, Richard Eden, kepada Palace Confidential.

Pakar kerajaan itu menambahkan, setelan favorit Diana untuk seorang pria adalah biru tua. Menariknya, saat meresmikan Patung Putri Diana di Taman Sunken di Istana Kensington, beberapa waktu lalu, Pangeran William dan Pangeran Harry kompak mengenakan setelan jas biru tua. 

Putri Diana dan Pangeran Charles menikah pada 29 Juli 1981 di di Katedral St. Paul, Inggris, dalam sebuah prosesi yang megah dan mewah. Rumah tangga Pangeran Charles dan Putri Diana tidak berjalan mulus. Kehadiran orang ketiga dalam pernikahan mereka pada akhirnya mendorong Diana melayangkan gugatan cerai pada Charles pada 1992. Namun keduanya baru resmi berpisah pada 1996.


Penulis Binsar Hutapea
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore