Profil Volodymyr Zelensky, 44 Tahun, Sang Komedian yang Menjadi Presiden Ukraina 

Supriyanto Sabtu, 26 Pebruari 2022 05:00:05
Volodymyr Zelenskyy

TABLOIDBINTANG.COM - Negara Ukraina digempur Rusia sejak Kamis, 24 Februari 2022. Segala perkataan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pun menjadi sorotan dunia. Apalagi pidatonya menyatakan tidak  melihat ada yang mau membela Ukraina.

"Kami akhirnya membela negara kami sendiri. Siapa yang siap bertarung bersama kami? Saya tidak melihat siapa pun," kata Volodymyr dalam sebuah video, yang dilansi dari Tass, Jumat (25/2)

Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut profil Volodymyr Zelensky yang mulai menjabat sebagai Presiden Ukraina keenam sejak 20 Mei 2019.

Volodymyr Oleksandrovych Zelensky lahir di Kryvyi Rih, RSS Ukraina pada 25 Januari 1978. Ia merupakan mahasiswa lulusan pendidikan hukum dari Universitas Ekonomi Nasional Kyiv. 

Yang menarik, Volodymyr Zelensky memang bukan politisi ulung. Ia masuk ke politik beberapa bulan sebelum pemilihan umum dimulai. Ia menang dalam pemilihan umum pada 2019. Sebelum menjadi presiden, Zelensky adalah seorang aktor, komedian, dan produser. 

Kemenangan Zelensky benar-benar lembaran baru di arena politik. Pasalnya, ia hanya politisi pemula yang disepelekan oleh lawan namun berhasil mengalahkan petahana dengan total suara 73,2 persen.

Kariernya di dunia hiburan sebagai komedian terbilang cukup sukses. Dilansir dari Agensi Berita Informasi Independen Ukraina (UNIAN), pekerjaan Volodymyr Zelensky sebagai komedian mampu membangun sebuah rumah produksi Kvartal 95 yang membuat banyak film, kartun, dan acara TV. 

Menjadi presiden ternyata pernah dilakoni Volodymyr Zelensky dalam serial televisi Servant of the People garapan rumah produksi miliknya. Dalam serial tersebut menceritakan Zelenskix sebagai guru sejarah yang menentang habis-habisan praktek korupsi. Ia lalu masuk ke dunia polisi dan terpilih menjadi presiden.

Rupanya berkat peran yang menyentuh hati tersebut, Zelenski mendapat dukungan rakyat Ukraina. Apalagi, Zelensky melakukan kampanye dengan cara yang modern yakni melalui saluran media sosial dan video YouTube.

Saat masa kampanye, Zelensky ingin menghidupkan kembali ekonomi yang lesu dan menarik investasi dengan memulihkan kepercayaan pada negara. Dia sangat mendukung distribusi gratis ganja medis, hak aborsi gratis, legalisasi prostitusi, dan perjudian. Namun, menentang legalisasi senjata di masyarakat.

Sebagai presiden, Volodymyr Zelensky mendukung e-pemerintah dan persatuan antara bagian berbahasa Ukraina dan Rusia. Dia sering menggunakan media sosial untuk komunikasi, terutama Instagram.

Beberapa hal yang telah dikerjakan Volodymyr Zelensky selama menjabat sebagai presiden Ukraina adalah mengawasi penghapusan imunitas legal untuk anggota Verkhovna Rada, parlemen Ukraina, penanggulangan pandemi covid-19 di negaranya dan resesi yang mengikutinya, serta beberapa kemajuan mengatasi korupsi.(pri)


Penulis Supriyanto
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore