Elizabeth II Ratu Inggris Terlama, Memerintah Selama 70 Tahun 214 Hari

Redaksi | 9 September 2022 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rakyat Inggris sedang berduka, Ratu Elizabeth II wafat di usia 96 tahun. Elizabeth II, wanita kelahiran 21 April 1926 adalah Ratu Britania Raya dari 6 Februari 1952 hingga kematian menjemputnya pada 8 September 2022. Masa pemerintahannya terentang sangat panjang, selama 70 tahun 214 hari, menjadi raja terlama di Inggris dan terpanjang kedua dari raja mana pun di negara berdaulat. Pada saat kematiannya, Elizabeth juga merupakan Ratu dari 14 kerajaan Persemakmuran lainnya selain Britania Raya.

Dikutip dari wikipedai, Ratu Elizabeth II lahir London, anak pertama Duke dan Duchess of York yang kemudian menjadi Raja George VI dan Ratu Elizabeth. Ayah Ratu Elizabeth II naik tahta pada 1936 setelah saudaranya, Raja Edward VIII, turun tahta. Otomatis Elizabeth sebagai pewaris ayahnya. 

Pada November 1947 Ratu Elizabeth II menikah dengan Pangeran Philip Mountbatten, mantan pangeran Yunani dan Denmark. Pernikahan pasangan ini berlangsung selama 73 tahun hingga kematian Pangeran Philip pada April 2021. Dari pernikahannya dengan Pangeran Philip, Ratu Elizabet memiliki 4 anak: Pangeran Charles yang kini menggantikan posisi sebagai Raja Inggris, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward.

Ratu Elizabeth berusia 25 tahun saat ayahnya meninggal pada 1952. Setelah ayahnya wafat, Elizabeth pun dilantik menjadi ratu yang memerintah tujuh negara Persemakmuran yang merdeka: Inggris, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan, dan Ceylon (sekarang dikenal sebagai Sri Lanka), serta Kepala Persemakmuran. Jumlah wilayah kekuasaannya bervariasi dari waktu ke waktu karena beberapa wilayah memperoleh kemerdekaan dan beberapa wilayah lain berubah menjadi republik. Selama menjadi Ratu Inggris, banyak kunjungan dan pertemuan bersejarah yang pernah dilakutkan Ratu Elizabeth II, termasuk kunjungan ke Tiongkok pada 1986, Rusia, Republik Irlandia, dan kunjungan dengan lima Paus.

Selama menjadi Ratu Inggris, banyak peristiwa penting dialami Ratu Elizabeth, termasuk penobatannya sebagai Ratu pada tahun 1953 dan perayaan ulang tahun (jubilee) Perak, Emas, Berlian, dan Platinum, masing-masing digelar pada tahun 1977, 2002, 2012, dan 2022.  

Ratu Elizabeth II meninggal pada Jumat (9/9) ini. Ia wafat 17 bulan setelah kematian sang suami, Pangeran Philip pada 9 April  2021. Setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia, Pangeran Charles secara otomatis menjadi penguasa monarki Inggris. 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait