Ratu Elizabeth II Wafat, Operasi London Bridge is Down Dijalankan

Redaksi | 9 September 2022 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sesaat setelah Ratu Elizabeth II dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, ungkapan London Bridge is Down bergema di dunia maya. Istilah London Bridge is Down adalah kode untuk pemakaman Ratu Elizabeth II. Rencana yang terangkum dalam operasi itu mencakup pengumuman saat kematiannya Ratu Elizabeth II, periode berkabung, dan detail pemakaman kenegaraannya. Rencana ini kabarnya pertama kali dibuat pada 1960-an saat Ratu Elizabet II masih sangat muda dan baru naik tahta, dan diperbarui pada tahun-tahun sebelum kematian benar-benar menjemputnya pada hari ini.

Dikutip dari wikipedia, kode ​​London Bridge is Down digunakan untuk mengkomunikasikan kematian Ratu kepada perdana menteri Inggris dan tokoh-tokoh kunci di Inggris. Lembaga yang terlibat dalam operasi ini termasuk berbagai departemen pemerintah, Gereja Inggris, Layanan Polisi Metropolitan, Angkatan Bersenjata Inggris, media, Royal Parks, wilayah London, Otoritas London Raya dan Transportasi untuk London. Beberapa keputusan penting yang berkaitan dengan rencana itu kabarnya dibuat sendiri oleh Ratu Elizabeth saat masih hidup. Beberapa dibiarkan ditentukan oleh penggantinya. 

Di luar operasi London Bridge is Down, ada kode lain yang disebut Operasi Unicorn. Operasi ini merinci apa yang akan terjadi jika Ratu meninggal di Skotlandia. Bersamaan dengan Operasi London Bridge adalah Operasi Spring Tide, menangani penobatan Raja Charles III naik tahta dan perjalanan pertamanya ke negara-negara Inggris. Beberapa negara Persemakmuran mengembangkan rencana mereka sendiri tentang bagaimana bereaksi terhadap kematian Ratu.

Masih dikutip dari wikipedia, beberapa pemakaman dengan nama sandi untuk anggota keluarga kerajaan pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21 menggunakan nama-nama jembatan terkenal di Inggris. Operasi Tay Bridge, misalnya, digunakan untuk rencana kematian dan pemakaman Ibu Suri, yang dilatih selama 22 tahun sebelum akhirnya digunakan pada tahun 2002. Saat Putri Diana meninggal dunia pada tahun 1997, proses pemakamannya juga meniru Operasi Tay Bridge. Begitu juga kematian Pangeran Philip yang meninggal pada tahun 2021. Bagaimana dengan operasi saat Pangeran Charles yang baru dilantik jadi Raja Inggris nanti meninggal, apakah sudah ada? Ada, namanya Operation Menai Bridge yang merujuk pada rencana pemakaman Charles III.
 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait