Dev Patel Aktor Hollywood Berdarah India Ketiga yang Jadi Nomine Oscar

Binsar Hutapea | 5 Maret 2017 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dev Patel menjadi nomine Aktor Terbaik ajang Oscars 2017 untuk penampilannya di film Lion. Film itu memaparkan perjalanan Saroo Brierley (versi dewasanya diperankan Dev) mencari orang tua kandungnya.

Saat berusia 5 tahun, Saroo dibawa dari India ke Australia oleh keluarga yang mengadopsinya. Setelah beranjak dewasa, Saroo mencari orang tua kandungnya di India. Ia berusaha menemukan mereka dengan mengandalkan Google Earth dan ingatannya semasa kecil. Lion diadaptasi dari buku berjudul A Long Way from Home yang ditulis Saroo Brierley sendiri. 

Sepanjang perhelatan Oscars, Dev tercatat sebagai orang berdarah India ketiga yang menjadi nomine.

Orang keturunan India yang kali pertama mendapatkan nomine Oscars adalah Merle Oberon. Ia nomine Aktris Terbaik untuk perannya di film The Dark Angel (1935). Lalu ada aktor Ben Kingsley yang menjadi nomine Aktor Terbaik lewat film House of Sand and Fog (2003).

“Aku sangat bersyukur menjadi nomine Oscars. Mudah-mudahan aku menjadi orang India pertama yang mendapatkan piala Oscar,” harap mantan kekasih Freida Pinto ini. 

Begitu tahu menjadi nomine Oscars 2017, Dev langsung mengabari ibunya. Sang ibu tak bisa menyembunyikan rasa terkejut dan terharunya.

“Aku meneleponnya dan dia sedang sibuk di panti jompo tempatnya bekerja. Dia kemudian mulai berteriak dan menangis, membuat orang di sekitarnya keheranan. Aku akan mengajaknya ke perhelatan Oscars. Itu momen yang sangat penting untuknya,” beber Dev.

 

(bin/gur)

 

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait