Perjalanan Karier Hugh Hefner Sebagai Pendiri Majalah Playboy

Andira Putri | 28 September 2017 | 13:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hugh Hefner meninggal dunia pada Rabu (27/9) waktu setempat di kediamannya The Playboy Mansion, Los Angeles, Amerika Serikat. Sepanjang hidupnya, Hugh Hefner dikenal sebagai pendiri majalah Playboy.

Hugh Hefner mulai menerbitkan majalah Playboy sejak tahun 1953. Seperti dilansir People, ide mendirikan majalah Playboy muncul ketika Hugh Hefner bekerja di industri penerbitan setelah bertugas militer dan menempuh pendidikan kuliah. 

Jalan Hugh Hefner untuk menerbitkan majalah Playboy tidak mudah. Demi mendapatkan dana, Hugh Hefner harus menjadikan barang-barang furnitur miliknya sebagai jaminan pinjaman. Kemudian Hugh Hefner juga meminjam uang kepada teman-teman dan keluarga termasuk sang ibu. 

Hugh Hefner akhirnya berhasil mengumpulkan dana sebesar 8000 Dollar (sekitar 108 juta Rupiah). Edisi perdana Playboy pun terbit dan menampilkan foto telanjang Marilyn Monroe. Foto tersebut diambil dari pemotretan kalender Marilyn Monroe tahun 1949. 

Kehadiran majalah Playboy langsung menghebohkan publik. Edisi perdana majalah Playboy terjual habis dalam hitungan minggu. Meskipun begitu, majalah Playboy mengundang reaksi pro dan kontra dari publik.

Hugh Hefner membela penerbitan majalah Playboy. Menurut Hugh Hefner, Playboy bukan terkenal karena menghadirkan foto telanjang perempuan melainkan karena cara penulisannya.

"Ada sudut pandang di majalah tersebut. Kamu tidak bisa menampilkan gambar telanjang tanpa beberapa dasar bahwa itu adalah seni. Saya membuat dan memasukannya dalam konteks positif atau apa yang saya lihat sebagai sikap positif antara perempuan dan laki-laki. Saya memberikan kesan jika seks bukanlah musuh, kekerasan adalah musuh," tutur Hugh Hefner seperti dilansir E! News.

Terlepas dari berbagai macam kontroversi, Hugh Hefner terus menerbitkan majalah Playboy. Hugh Hefner juga mendirikan perusahaan media dan gaya hidup Playboy Enterprise tahun 1967. Lewat Playboy Enterprise, Hugh Hefner merambah industri pertelevisian, perfilman, klub malam, dan penginapan.

Hingga akhir hayat, Hugh Hefner masih berperan sebagai anggota dewan Playboy Enterprise. Sementara posisi Chief Creative Officer diduduki oleh putranya, Cooper Hefner. 

 

(dira / wida)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait