Bakal Terima Penghargaan usai Sebut istana Inggris Rasis, Harry dan Meghan Markle Memperburuk Keadaan

Octa | 24 November 2022 | 17:00 WIB

Pangeran Harry dan Meghan Markle dianugerahi penghargaan Hak Asasi Manusia dalam waktu dekat. Penghargaan itu dinilai layak untuk mereka terima usai menyebut istana Inggris rasis di wawancara Oprah.

Namun jika benar keduanya menerima sendiri penghargaan tersebut, Harry dan Meghan diyakini memperburuk keadaan mereka dengan istana Inggris yang tak lagi harmonis sejak keduanya memutuskan keluar. Seorang jurnalis Inggris, Jennie Bond mengatakan Duke dan Duchess of Sussex dapat memperburuk ketegangan dengan menerima penghargaan tersebut.

"Hal ini menempatkan mereka dalam posisi yang agak sulit. Terlebih jika mereka hadir dan menerima penghargaan tersebut secara langsung, itu akan memperburuk keadaan," ucap kesimpulan Jennie Bond dilansir Newsweek.

Pasangan kerajaan ini dinobatkan sebagai pemenang Penghargaan Ripple of Hope tahun ini sebagai pengakuan atas pekerjaan mereka dalam keadilan rasial, kesehatan mental, dan inisiatif dampak sosial lainnya melalui Yayasan Archewell mereka.

Sementara itu, kerajaan Inggris sempat memberi pernyataan perihal klaim rasis yang diungkapkan Meghan dalam wawancara. Secara halus, kerajaan Inggris membantah adanya pernyataan Meghan dan menyebut tampaknya apa yang dikatakan Meghan tak sepenuhnya sama dengan apa yang ia alami.

Penghargaan itu diberikan oleh organisasi Hak Asasi Manusia Robert F. Kennedy. Presiden organisasi tersebut, Kerry Kennedy mengatakan mewujudkan keberanian moral sekaligus heroik untuk melakukan wawancara eksklusif tersebut bersama Oprah Maret 2021.

Penulis : Octa
Editor: Octa
Berita Terkait