Rekap Laga Perdana Grup A-H Piala Dunia 2022: Cristiano Ronaldo Ukir Sejarah, 2 Wakil Asia Libas Favorit Juara

Indra Kurniawan | 25 November 2022 | 07:00 WIB

Tuntas sudah laga pertama Piala Dunia 2022 dari Grup A sampai Grup H. Sebanyak 41 gol tercipta, 15 gol di antaranya berasal dari 2 partai. Yaitu Spanyol vs Kosta Rika dan Inggris vs Iran.

Piala Dunia 2022 dibuka oleh Grup A antara Qatar vs Ekuador. Berjalan seimbang, Ekuador melibas Qatar dua gol tanpa balas. Kedua gol diborong oleh pemain asal Everton, Enner Valencia.

Kemenangan Ekuador diikuti Belanda yang menyingkirkan Senegal juga dengan skor 2-0. Bersama Ekuador, Belanda menempati peringkat pertama Grup A dengan 3 poin. 

Dari Grup B, Inggris melumat Iran dengan skor 6-2. Harry Kane meski gagal mencetak gol, namun membuat 2 umpan yang sukses dikonversi menjadi gol. Sementara itu Wales ditahan imbang 1-1 oleh Amerika Serikat. 

Gareth Bale menyelamatkan muka Wales lewat gol yang dicetak dari titik putih pada menit 82. Hasil tersebut menempatkan Inggris di peringkat pertama dengan 3 poin, disusul Amerika, Wales, dan Iran di posisi buncit. 

Kejutan terjadi di Grup C ketika Saudi Arabia menang tipis 2-1 atas favorit juara Argentina. Pertahanan tinggi yang membuat para penyerang frustasi menjadi kunci kemenangan tim asuhan Herve Renard. 

Masih dari Grup C, Polandia dan Meksiko berakhir imbang dengan skor kaca mata. Polandia sebetulnya memiliki kesempatan unggul namun eksekusi penalti Robert Lewandowski gagal. Hasil tersebut menempatkan Saudi Arabia di pucuk klasemen Grup C, disusul Meksiko, Polandia, dan Argentina. 

Dari Grup D, Prancis tak menemui kesulitan berarti menghadapi Australia. Empat gol yang bersarang ke gawang yang dijaga kiper Mathew Ryan menjadi buktinya. Skor akhir 4-1 mengantar Prancis memimpin klasemen sementara Grup D. 

Peringkat 2 dan 3 dihuni oleh Denmark dan Tunisia usai memetik hasil imbang 0-0. Meski Denmark menguasai jalannya pertandingan dengan membuat 5 kali percobaan ke arah gawang, namun tak ada satu gol pun tercipta.

Grup E yang disebut-sebut grup neraka berhasil mengukir rekor dan kejutan. Spanyol membantai Kosta Rika 7-0, yang dibuat oleh 6 pemain. Salah satunya Gavi, yang menjadi pencetak gol termuda kedua sepanjang sejarah turnamen sepakbola bergengsi ini. Dia hanya kalah dari legenda sepak bola Brasil, Pele.

Kejutan lain, Jerman ditundukkan Jepang dengan skor 2-1. Semangat pantang menyerah Negeri Matahari Terbit menghadapi pemain-pemain Jerman yang secara postur lebih tinggi dan besar menjadi nilai plus tersendiri. Dua gol Jepang tercipta dari skema permainan matang. 

Dari Grup F, Belgia memimpin klasemen usai mengalahkan Kanada lewati gol tunggal yang dibuat oleh Batshuayi pada menit ke-44. Hasil lain, Kroasia ditahan imbang 0-0 oleh wakil Afrika, Maroko. 

Dari Grup G, Swiss dan Brasil sama-sama memetik kemenangan atas lawan masing-masing. Swiss mempermalukan Kamerun dengan skor 1-0 sementara Brasil memberi kekalahan pertama bagi Serbia lewat brace dari pemain asal Tottenham Hotspur, Richarlison. 

Pertarungan sengit terjadi di Grup H. Portugal menang tipis 3-2 atas Ghana. Salah satu gol Portugal dicetak oleh megabintangnya, Cristiano Ronaldo, lewat titik 12 pas. Gol tersebut mengantar Ronaldo menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam lima edisi berbeda Piala Dunia. 

Ronaldo pun menjadi pencetak gol tertua kedua di Piala Dunia. Pemain tertua yang mencetak gol di Piala Dunia adalah Roger Milla dari Kamerun yang melakukannya saat melawan Rusia pada usia 42 tahun pada edisi 1994 di Amerika Serikat.

Hasil lain dari Grup H, Uruguay dan Korea Selatan berbagi angka usai bermain imbang 0-0. Tercipta beberapa peluang pada babak kedua, namun tak ada satupun yang dikonversi menjadi gol. Laga berat berikutnya bagi Uruguay menghadapi Portugal. 

Enam pemain untuk sementara menempati peringkat pertama daftar top skor, dengan masing-masing 2 gol. Mereka adalah Bukayo Saka (Inggris), Richarlison (Brasil), Ferran Torres (Spanyol), Enner Valencia (Ekuador), Mehdi Taremi (Iran), dan Olivier Giroud (Prancis). 

Pada turnamen edisi terakhir di Rusia tahun 2018 silam, trofi Sepatu Emas diraih oleh bomber timnas Inggris, Harry Kane, yang sukses menjaringkan enam gol. Penyerang Tottenham Hotspur itu menjadi pemain Inggris pertama yang meraih predikat bergengsi tersebut, sejak Gary Lineker, yang meraih Sepatu Emas 32 tahun lalu.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait