Entrepreneur Muda Siap Pamer Karya di Paris Trade Show 2023    

Ari Kurniawan | 25 November 2022 | 12:00 WIB

Setelah Pintu Incubator 1.0 di awal tahun, Pintu Incubator kembali menghadirkan seri kedua dengan 11 fashion lokal terpilih. Brand tersebut nantinya akan disaring untuk masuk ke pasar Internasional melalu Paris Trade Show pada Maret 2023.

Pada seri kedua ini menghadirkan mentor-mentor dari Prancis yang memiiki pengalaman di bisnis fashion Internasional. Di tengah kegiatan mentoring juga digelar trunk show yang menghadirkan koleksi ekslusif dari tiga mentor, yakni Lakon Indonesia serta dua brand dari Prancis, Lucie Brochard dan Studio Clandestin.

Thresia Mareta, Founder Lakon Indonesia sekaligus inisiator Pintu Incubator mengatakan, pada seri kedua ini,  mereka akan dibimbing secara langsung oleh mentor-mentor ahli dari Indonesia dan Prancis untuk mengikuti pameran Paris.

“Tujuannya agar bisa memperkuat wawasan bisnis dan budaya dua negara, dengan mempelajarinya secara langsung dari para pelaku bisnis lokal dan internasional. Tentunya hal ini merupakan sebuah kesempatan yang sangat langka dan berharga, yang harus dimanfaatkan untuk mengeksplorasi potensi market sekaligus mempersiapkan dan beradaptasi dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat di pasar global. Harapannya agar mampu membuktikan bahwa para kreatif muda Indonesia juga mampu berbicara dalam industri fashion berskala global,” jelas Thresia.

Ia menambahkan, dalam kesempatan ini seluruh mentor akan membagikan insight serta tips kesuksesan dalam menjalankan bisnis fesyen berdasarkan pengalaman mereka dalam mengembangkan bisnisnya baik di pasar lokal maupun pasar internasional. 

Dalam seri kedua ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu kategori A sebagai Creative Founders dimana setiap partisipan akan mempersiapkan 12 looks koleksi Fall/Winter 2022 untuk Trade Show di Prancis nanti. Kategori A diikuti oleh Amanda Hartanto Batik, Apa Kabar, Oemah Etnik, Parapohon, Talu, Tenun Imam, dan Tenun Lurik Rachmad.

Sedangkan kategori lainnya adalah Creative Minds yang akan membuat sebuah project inovatif bertajuk ‘cultural collaboration’. Kategori B ini diikuti oleh 4 partisipan Indonesia yaitu Dinnaro, Tailor Moon, VOP, Yosehanaline dan 1 orang partisipan asal Prancis, yaitu Nadalya yang akan berkolaborasi untuk mempersiapkan 6 looks dari koleksi bertemakan Culture & Sustainable.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait