Dangdut Academy 5: Eby (Bima) Pimpin Perolehan Polling Sementara

Redaksi | 28 November 2022 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ajang Dangdut Academy 5 semakin mendekati babak final. Setelah sebelumnya Jaya (Tanjungbalai) tersenggol dengan nilai polling terendah pada babak Top 6 Group 2 Result Show Jumat malam lalu (25/11), D’Academy 5 kini menyisakan empat academia yang kembali berkompetisi dalam Konser Final Top 4 – Show. 

Affan (Jakarta Barat), Eby (Bima), (Sumatera Barat), Mardon (Roka Hulu), dan Sri Devi (Prabumulih) tampil berduet bersama musisi tradisional dari daerah asal academia. Penampilan kolaborasi mereka dinilai luar biasa hingga sukses menggoyang satu studio.

Alunan musik disertai tarian khas Betawi dari Sanggar Kembang Nagari mengiringi penampilan Afan (Jakarta Barat) membuka konser lewat lagu “Tung Kerpit”. Tampil sangat energk, academia asal Jakarta Barat tersebut berhasil mendapatkan standing ovation dari semua dewan juri. Siti Rahmawati yang hadir sebagai dewan juri pada malam tadi menilai penampilan Afan sudah berhasil membawa budaya Betawi ke atas panggung Top 4 D’Academy 5 dengan baik, hingga dirinya juga berkeinginan untuk mempelajari tarian khas Betawi.

Penampilan memukau lainnya juga dihadirkan oleh academia asal Prabumulih yakni Sri Devi yang berhasil membawakan lagu “Surga Ditelapak Kaki Ibu” dengan iringan gendang melayu dari Sely Iskandar. Seluruh dewan juri ikut terhanyut dengan penampilan mereka hingga tanpa ragu langsung berdiri dan memberikan standing ovation. 

Air mata haru pun tidak dapat dihindari Nita Thalia yang teringat dengan sosok sang ibunda. “Sekali lagi saya kembali terhanyut dengan penampilan dari Sri Devi yang menusuk hati, saya berharap kamu bisa terus menampilkan sesuatu yang lebih baik dan maju ke babak selanjutnya,” ungkap Nita.

Apresiasi juga dilontarkan Reza Zakarya yang duduk di barisan dewan juri untuk Eby (Bima) yang tampil berkolaborasi dengan pemain biola, Rudi asal Bima saat menyanyikan lagu “Hadirmu Bagi Mimpi”. Aksi Eby di atas panggung dinilai sangat baik dan perlu diacungkan jempol saat tampil berkolaborasi. Eby dinilai berhasil memberikan ruang kepada rekan kolaborasinya sehingga penampilan keduanya terasa imbang karena tidak ada yang saling mendominasi. 

“Saya harap apa yang ada dalam dirimu kamu tetap dijaga dan tidak berubah karena attitude kamu yang akan membawa kamu menjadi lebih baik kedepannya," pesan Reza. Tidak kalah dengan ketiga academia lainnya, Mardon (Rokan Hulu) tampil dengan sangat syahdu menyanyikan lagu melayu “Fatwa Pujangga” diiringi accordion dari Zuarman Tambusai. Namun sayang penampilannya tersebut hanya berbuah satu standing ovation dari dewan juri. 

Soimah pun menyampaikan masukannya, menurutnya Mardon sudah sangat sempurna membuka lagu ini di awal, namun ketika di tengah, cengkok yang dikeluarkan membuat lagunya menjadi tidak sebagus di awal. “Saya berharap kamu lebih teliti untuk melihat bagian-bagian kecil dalam membawakan sebuah lagu, karena hal kecil bisa merusak penampilan kamu secara keseluruhan," tambah Soimah.

Di akhir konser, ketiga academia kembali tampil bersama secara quartet, Afan (Jakarta Barat), Eby (Bima), Sri Devi (Prabumulih) dan Mardon (Rokan Hulu) membawakan lagu “Ditikam Asmara” yang tidak berhasil mendapatkan satu buah standing ovation apapun dari dewan juri. Menurut Soimah penampilan quartet Top 4 ini terdapat kesalahan dari Afan dan Eby yang tidak masuk sesuai bagiannya sehingga merugikan penampilan dan usaha dari kedua academia sisanya. Di penghujung kompetisi sesuai dari hasil keputusan Dewan Juri, Sri Devi terpilih sebagai Academia Terbaik di babak Top 4 D’Academy 5.

Perolehan polling sementara yang didapatkan keempat academia semalam menempatkan Eby (Bima) di posisi teratas dengan nilai 31.01%, disusul oleh Afan (Jakarta Barat) dengan perolehan nilai 28.72%, Sri Devi (Prabumulih) dengan nilai 20,87% dan di posisi terakhir Mardon (Rokan Hulu) dengan perolehan nilai 19.40%.

Konser Top 4 akan berlanjut ke Konser Top 4 - Result Show yang akan tayang malam ini, Senin, 28 November 2022 pukul 20.00 WIB untuk menentukan siapa academia yang tersisih dan yang akan maju ke babak selanjutnya.

Di tengah ketatnya persaingan pada babak Top 4, Trio Ave yang beranggotakan tiga academia D’Academy 5 yakni Afan (Jakarta Barat), Valen (Pamekasan), dan Eby (Bima) akan merilis single perdana mereka yang juga mereka ciptakan sendiri berjudul “Bersamamu Luka” pada Konser Top 4 Result Show malam ini.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait