Konser Raisa dan BLACKPINK Terancam Batal, FIFA Larang GBK Dipakai untuk Pertunjukan Hiburan

Supriyanto | 1 Desember 2022 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dua konser besar yang ditunggu-tunggu oleh penggemarnya, Raisa Live in Concert pada 25 Februari 2023 dan konser BLACKPINK yang bertajuk BORN PINK WORLD TOUR JAKARTA pada 11-12 Maret 2023 mendatang terancam dibatalkan. Alasannya, Gelora Bung Karno (GBK) Senayan sebagai lokasi acara akan dipakai untuk pertandingan sepakbola taraf internasional.

Keputusan tersebut dikeluarkan oleh Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA yang melarang penggunaan konser di stadion GBK berdekatan dengan waktu kompetisi pesta sepak bola paling bergengsi Asia Tenggara, AFF Cup dan Piala Dunia FIFA U-20. Sebab, itu akan mengganggu proses persiapan di lapangan.

Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi menyebutkan, surat putusan dari FIFA diterima pada Selasa (29/11) melalui surat elektronik yang dikirim Men's Tournament Manager FIFA, Christian Schmolzer.

"Setelah berkonsultasi dengan manajemen lapangan FIFA, kami harus menginformasikan, bahwa kami tidak dapat menyetujui jadwal yang disajikan. Mengadakan dua konser dengan beberapa hari penyiapan dan pembongkaran aktivitas di lapangan permainan, tentu akan sangat  menghalangi kami untuk menerapkan program manajemen lapangan sesuai rencana," bunyi isi surat putusan FIFA yang diterima Sekjen PSSI.

"Mengingat investasi signifikan yang telah disetujui pemerintah untuk dibelanjakan dalam menyediakan lapangan sepakbola berkualitas tinggi, akan menjadi kontradiktif untuk membiarkan acara ini berlangsung sedekat mungkin dengan turnamen. Dengan ini kami mohon dengan hormat untuk menyampaikan masukan ini kepada Manajemen Stadion GBK," katanya lagi.

Yunus Nusi memastikan dalam surat yang diterima,  FIFA hanya tidak membolehkan adanya konser, namun untuk Piala AFF 2022 boleh diselenggarakan di SU GBK.

"Iya, benar. Konser kan yang nggak boleh," kata Yunus dikutip dari detikSport.

Sejauh ini, belum ada penjelasan dari kedua promotor dari konser tersebut. Sementara mereka sudah menjual tiket untuk konser di GBK.(pri)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait