Pita Suara Bermasalah, Judika Disarankan Pensiun Jadi Penyanyi

| 4 Desember 2022 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Judika disarankan oleh dokter untuk segera pensiun sebagai penyanyi karena pita suaranya alami gangguan. Hal tersebut dikatakan oleh dokter setelah penyanyi jebolan Indonesian Idol itu mengeluhkan sakit saat mengeluarkan nada-nada tinggi.

"Mereka dokter saranin bukan obat lagi, tapi memang harus bener-bener berhenti nyanyi," kata Judika kepada wartawan usai meraih Double Platinum di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (3/12).

Judika pun akhirnya memutuskan untuk vakum sementara dari kegiatan bernyanyi. Ia akan hiatus untuk pemulihan masalah pada pita suaranya.

"Jadi nggak tau separah apa, tapi aku merasakan sangat sakit ketika nyanyi di nada tinggi. Itu aku sudah sedikit tidak menikmati, jadi memang harus vocal rest dulu," ungkap Judika.

Suami Duma Riris Silalahi itu menjelaskan masalah kesehatannya ini karena terlalu berlebih menggunakan pita suaranya. Makanya, Judika tidak mau memaksakan untuk bernyanyi atau berlebihan menggunakan pita suaranya.

"Ini khusus over use aja. Jadi vocal use aku ini kalau dipaksain terus nanti bakal rusak," beber Judika.

Akibatnya, penyanyi 44 tahun itu harus berhenti bernyanyi hingga awal tahun 2023 mendatang. Pasalnya, di tahun 2023 nanti sudah banyak jadwal manggung yang sudah tidak bisa ditinggalkan.

"Jadi kita enam mingguan, karena tahun depan kita udah punya jadwal-jadwal yang nggak bisa distop," paparnya.

Judika juga menerangkan, gangguan pita suara yang dialami berbeda dengan yang terjadi pada Ari Lasso.

"Dulu Mas Ari itu hampir setahun kalau nggak salah, karena dia punya ada satu daging yang mengganggu pita suaranya, nggak bisa dikontrol. Kalau ini khusus dengan over use aja, jadi vocal use aku ini kalau dipaksain terus, nanti bakal rusak," ungkap Judika.

Lebih lanjut, Judika mengungkapkan bahwa dirinya berhenti menyanyi hanya sampai awal tahun 2023. "Jadi kita 6 mingguan, karena tahun depan kita udah punya jadwal-jadwal yang nggak bisa distop."

"Pengennya istirahat kan, tapi efek pandemi kemaren kan banyak wedding tertunda, jadinya ya akhirnya di tahun depan itu banyak lagi," tandas Judika.

Penulis :
Editor:
Berita Terkait