Ketika Liverpool Terseok-seok di Liga Inggris Musim Ini

Indra Kurniawan | 5 Februari 2023 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Performa Liverpool tak kunjung membaik. Kali ini pasukan Jurgen Klopp harus mengakui keunggulan tim tuan rumah Wolverhampton Wanderers atau Wolves dengan skor telak 3-0.

Musim ini Liverpool tampaknya sedang kurang mumpuni. Setelah tersingkir dari Piala FA, pekan ini koleksi kekalahan Liverpool bertambah menjadi tujuh, enam di antaranya di kandang lawan. 

Sebelum dilumpuhkan Wolves, Mohamed Salah dkk dilumat oleh Brighton (3-0), Brentford (3-1), Leeds United (2-1), Manchester United (2-1), dan Arsenal (3-2). Menariknya, The Reds dua kali kalah dengan skor serupa dalam 3 laga terakhirnya.

Produktivitas gol Liverpool juga tidak sebanyak musim-musim sebelumnya. Hingga laga ke-20, Liverpool baru mencetak 34 gol di Liga Inggris, dari total 60 gol di seluruh ajang yang diikuti pada musim ini. 

Gol terbanyak dikoleksi Mohamed Salah dan Roberto Firmino dengan masing-masing 7 gol. Musim lalu Salah menjadi top skor Liga Inggris bersama Son Heung-min dengan 23 gol. Sementara Firmino hanya 5 gol musim lalu. 

Tanpa Sadio Mane di sektor kiri penyerangan, Jurgen Klopp tetap mengusung formasi 4-3-3, setidaknya diterapkan dalam 13 laga di Liga Inggris. Hasilnya, membukukan 5 kemenangan, 5 berimbang, dan 3 kekalahan. 

Total tim yang bermarkas di Stadion Anfield ini telah kemasukan 28 gol, sama dengan Everton dan Brentford. Lini pertahanan Liverpool musim ini tak setangguh musim lalu yang hanya kebobolan 26 gol hingga kompetisi berakhir. 

Ketajaman Mohamed Salah menurun drastis pada musim ini.

Lini pertahanan yang keropos harusnya menjadi perhatian utama Klopp. Pada bursa transfer Januari lalu, Klopp malah menambah amunisi untuk sektor penyerangan dengan mendatangkan Cody Gakpo dari PSV Eindhoven. 

Hasilnya, dari 3 laga yang telah dilakoni, Gakpo belum mencetak gol dan membuat assist 1 pun. Saat bertandang ke markas Wolves bahkan Gakpo yang bermain selama 85 menit hanya melepas satu tembakan ke arah gawang.

Musim masih panjang, apa pun masih bisa saja terjadi. Sebelum berlaga kembali di Liga Champions menghadapi Real Madrid, Liverpool terlebih dahulu melakoni laga lawan Everton (14/2) dan Newcastle (19/2).

Liverpool wajib menang jika ingin terus menjaga asa finish di 5 besar minimal. Kekalahan bakal semakin menyulitkan mereka untuk bersaing dengan tim-tim di atasnya. Saat ini Liverpool menghuni posisi 10 klasemen sementara dengan 29 poin.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait