Mengenal Diastasis Recti, Kondisi Perut Usai Melahirkan yang Jarang Diketahui Ibu

Binsar Hutapea | 15 Maret 2023 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ketika mengalami kehamilan, tubuh seorang ibu mengalami banyak perubahan, termasuk yang paling terlihat jelas adalah perut yang membesar. Setelah melahirkan, banyak ibu yang menginginkan perut mereka kembali rata seperti semula. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat hal tersebut sulit terjadi, salah satunya adalah diastasis recti atau diastasis rekti. Kondisi ini cukup umum terjadi pada perempuan pasca melahirkan, di mana terjadi jarak abnormal yang memisahkan dua otot rektus dari otot dinding perut.

Menurut sebuah studi yang dimuat oleh British Journal of Sports Medicine pada tahun 2016, hampir 60 persen perempuan mengalami diastasi recti selama hamil atau setelah melahirkan. Tekanan dari rahim untuk mendukung pertumbuhan janin serta hormon kehamilan dapat menyebabkan otot perut melebar dan jaringan perut kehilangan elastisitasnya, sehingga perut tampak kendur dan sedikit membesar jika dilihat dari samping.

Banyak ibu berpikir bahwa melakukan sit-up dan menjalani pola makan yang sehat adalah satu-satunya solusi untuk mengembalikan bentuk perut mereka seperti semula setelah melahirkan. Namun, faktanya banyak dari mereka yang berhasil menurunkan berat badan tetapi perut tetap terlihat kendur. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi perut seperti semula pasca melahirkan.

Salah satu cara yang efektif adalah dengan menggunakan teknologi EMSCULPT, jenis treatment pelangsingan tubuh yang ampuh dan aman untuk membentuk otot pada bagian tubuh tertentu, termasuk perut. Dengan melakukan treatment EMSCULPT selama 30 menit setara dengan melakukan sit-up 20.000 kali, yang dapat membakar 19 persen lemak membandel dan membentuk 16 persen otot secara simultan dalam satu kali perawatan.

Di Indonesia, hanya beberapa klinik kecantikan yang menyediakan treatment EMSCULPT. Salah satu klinik yang menyediakan treatment ini adalah dr. Belle Aesthetic Clinic. Klinik ini telah beroperasi sejak 2013 dan menyadari masalah yang dihadapi oleh ibu-ibu setelah melahirkan di Indonesia, sehingga menawarkan solusi untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Dokter Catherine Soebroto, pendiri dr. Belle Aesthetic Clinic, mengungkapkan, "Banyak wanita, terutama ibu-ibu, yang tidak menyadari tentang diastasis recti yang sering dialami setelah melahirkan. Meskipun mereka telah mencoba berbagai cara seperti diet dan olahraga, tetapi berat badan kembali normal sementara perut tetap terlihat buncit."

"Kami merasa tergerak untuk membantu para ibu mendapatkan solusi efektif dan aman untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Treatment EMSCULPT menggunakan teknologi bernama High Intensity Focused Electro-Magnetic (HIFEM) yang menggunakan frekuensi tinggi dan energi elektromagnetik untuk merangsang kontraksi otot sehingga massa otot yang diinginkan dapat dicapai," tambah Dr. Catherine Soebroto.

Saat ini, treatment EMSCULPT hanya tersedia di cabang Pluit dr. Belle Aesthetic Clinic, tetapi dalam waktu dekat akan tersedia juga di dua cabang lainnya, yaitu Sudirman Park dan Gading Serpong.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait