Kalisa Putri Kenalkan Baju Adat Indonesia Ramah Lingkungan di Acara UNESCO

Binsar Hutapea | 17 Maret 2023 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kalisa Putri memperkenalkan baju adat ramah lingkungan saat tampil dalam acara IOV di bawah naungan UNESCO yang diadakan di Sharjah, Uni Emirat Arab pada 8-12 Maret 2023. Dia mewakili Indonesia sebagai delegasi bersama dengan yayasan ASRI (Aneka Seni Rempah Indonesia) dalam konferensi internasional tersebut yang dihadiri oleh 52 perwakilan negara yang merupakan anggota IOV serta berbagai kelompok rakyat, individu kreatif dan akademisi.

Kalisa Putri, bersama dengan yayasan ASRI Indonesia, merupakan salah satu delegasi yang mewakili negara Indonesia di acara tersebut. Lewat karya busana rancangan Amanah Asri, Miss Asia Indonesia 2023 memamerkan beberapa baju adat yang bahan bakunya berasal dari sampah rempah yang diolah menjadi benang tekstil. Benang rempah tersebut diproduksi di Balai Besar Tekstil Indonesia dengan workshop Nona Asri Indonesia Jakarta.

Sebagai Ambassador ArtSpices Indonesia, Kalisa Putri mendukung program pemerintah Spice Up To the World dengan mempromosikan rempah Indonesia melalui fashion. Ia juga menjelaskan bahwa Amanah Asri adalah perusahaan yang peduli dengan bahan sustainable dan eco-friendly.

Di hari pertama acara, Kalisa Putri mengenakan baju adat Bali yang dilanjutkan dengan busana asli rancangan designer Nona Asri. Bahan baku yang ramah lingkungan tersebut membuat beberapa negara terkesan dan memberikan apresiasi yang positif pada penampilan Kalisa Putri.

Selain mengikuti konferensi, Kalisa Putri dan Nona Asri melakukan kunjungan ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia Dubai dan KBRI Abu Dhabi serta beberapa tempat Heritage UNESCO di UEA. Kalisa Putri berharap kegiatan yang mereka lakukan di sana dapat memberikan informasi yang baik tentang Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya, termasuk pakaian adat yang ramah lingkungan.

"Semoga seluruh kegiatan yang kita lakukan di sana menjadi informasi yang baik untuk dunia bahwa Indonesia kaya akan budaya, pakaian adat yang juga ramah lingkungan," ujar Kalisa Putri.

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait