Bullying Jadi Penyebab Utama Bubarnya kelompok Sh#rp di Tahun 2002

Sandra Puspita | 18 Maret 2023 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Skandal bukan hanya akan merusak image dari sebuah idol group K-Pop, tetapi bisa juga membuat kelompok yang terlibat skandal itu membubarkan diri. Beberapa idol group bahkan dipastikan bubar tak lama setelah tersandung skandal.

Sering kali, skandal yang melibatkan group tersebut begitu buruk sampai agensi memutuskan untuk membubarkan. Beberapa skandal yang muncul memang sangat buruk mulai dari bullying hingga homokseksual!

Seperti dua anggota S#arp generasi pertama, Seo Jiyoung dan Lee Jihye yang terlibat dalam skandal bullying hingga menyebabkan kelompok vokal itu membubarkan diri pada tahun 2002 lalu.

Cerita awal dimulai dari koneksi dan latar belakang keluarganya, orangtua Jiyoung membeli agency 'World Music Entertainment' dan Jiyoung memulai debutnya sebagai model majalah Storm.

Majalah Storm sendiri adalah salah satu jalan fancy untuk masuk ke dunia artis pada tahun 90-an.

Tak lama setelah debut majalahnya, Jiyoung mengajak koleganya sesama model Storm yaitu John Kim, Jang Seok Hyun dan Oh Heejun untuk debut dalam grup yang dibuat agency-nya yang dinamakan Sh#rp.

Tentu saja Jiyoung dipilih menjadi vokalis utama. Namun, dalam persiapan album debut mereka, agency memutuskan untuk menggandeng produser terkenal kala itu, Lee Sangmin.

12 November 1998, Sh#rp akhirnya debut dengan judul "The Sh#rp" dan judul lagu "Lying".

Sayangnya, beberapa bulan setelah debut, Sh#rp ditinggalkan 2 member, Oh Hee Jung dan John Kim. Keadaan semakin memburuk karena Jiyoung mulai menyebarkan kebenciannya terhadap Jihye kepada member lain.

Jiyoung bahkan sempat meninggalkan ruangan tunggu studio karena enggan mendengarkan Jihye merekam bagiannya. Terlepas dari hubungan keduanya, agency tetap merilis album kedua dengan lagu Tell Me Tell Me.

Popularitas Sh#rp yang kian naik, justru membuat kecemburuan Jiyoung beralih menjadi tindakan bullying. Jiyoung mulai melarang Jihye untuk berada di dekatnya. Jihye harus berpindah dengan mobil sendiri terpisah dari member lainnya. Tak hanya itu, pemotretan juga harus dilakukan Jihye sendiri yang nantinya harus diedit oleh tim agar mereka terlihat bersama. Bahkan dalam sebuah penampilan lagu "My Lips Like Warm Coffee", Jihye harus pisah stage karena Jiyoung tak mau tampil dengannya.

insiden di lift KBS sesaat sebelum penampilan Sh#rp di Music Bank. Pada tanggal 8 Oktober 2002, Jiyoung menyanyikan lagu "The Airplane Goes Up" Tapi liriknya diganti jadi "Unlucky Bitch Jihye" selama di dalam lift.

Merasa kesal dan emosi, Jihye memukul Jiyoung. Jihye juga mengatakan bahwa ibu Jiyoung sempat memukulnya dan mengucapkan kata-kata kasar padanya setelah kejadian. Jihye juga menyatakan bahwa dirinya merasa bersalah dan menelepon keluarga Jiyoung pada tanggal 9 Oktober, tapi permintaan maafnya ditolak.

Penulis : Sandra Puspita
Editor: Sandra Puspita
Berita Terkait