Dira Sugandi Harumkan Indonesia di Teater Musikal The Jungle Book Belgia 

Indra Kurniawan | 23 Maret 2023 | 16:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dira Sugandi kembali mengukir prestasi. Tampil dalam pertunjukan teater musikal berskala internasional "The Jungle Book” karya Robert Wilson, Dira menjadi satu-satunya pemeran asal Asia.

Menyusul prestasi dan apresiasi luar biasa dalam pertunjukan teatet, Dira tanpa diduga diajak sutradara teater ternama asal Amerika Serikat. Robert Wilson memilih Dira Sugandi untuk berperan sebagai Mowgli yang menjadi karakter utama di pertunjukan “The Jungle Book”. 

Robert Wilson sendiri dikenal sebagai sosok utama pengendali kualitas karyanya dengan konsisten mengkurasi tidak sembarang aktor yang akan berperan dalam karya-karyanya.

Mengutip ungkapan Robert Wilson di halaman situs resminya, "The Jungle Book is a work for all ages. I always liked what Baudelaire said: ‘Genius is no more than childhood recaptured at will’ (The Jungle Book adalah pekerjaan untuk segala usia. Saya selalu menyukai apa yang dikatakan Baudelaire: 'Jenius tidak lebih dari masa kanak-kanak yang diambil kembali sesuka hati')".

The Jungle Book digubah dari buku Rudyard Kipling rilis tahun 1984, yang disutradarai oleh Robert Wilson, dengan iringan musik karya CocoRosie dan diproduksi oleh Le Theatre de la Ville – Paris. Karya ini pertama kali dipentaskan pada 2019, dan kembali diselenggarakan di berbagai negara Eropa pada 2023 ini.

Dira Sugandi, satu-satunya pemain asal Asia di The Jungle Book (dok.istimewa)

Partisipasi Dira Sugandi dalam pertunjukan ini, ditampilkan di Antwerp, Belgia, pada 10-12 Maret 2023, telah berhasil meraih banyak hati penonton dengan asal ragam negara yang hadir saat itu. Apresiasi tinggi ia terima dari banyak pihak atas keahlian Dira dalam berakting dan bernyanyi di pertunjukan ini.

Tidak hanya mengharumkan namanya sendiri, Dira Sugandi juga berhasil membawa harum nama Indonesia di mata dunia dalam performanya yang baik di pertunjukan berskala internasional ini.

“Saya bersyukur atas kesempatan ini, dan saya berharap pencapaian ini tidak hanya berhenti di saya. Semoga kesempatan ini bisa menginspirasi banyak aktor/aktris muda Indonesia bahwa kita mampu untuk terus meraih impian dan prestasi tidak hanya di skala Indonesia namun juga di skala internasional," ucap Dira Sugandi.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait