Ungkapan Syukur Bang Tigor Kembali Muslim Setelah Sempat Murtad

Supriyanto | 25 Maret 2023 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Aktor dan komedian Sumaisy Djaitov Yanda atau Bang Tigor mengaku momen Ramadan selalu membuatnya terharu. Pasalnya, pemain sitkom Suami Suami Takut Istri itu punya perjalanan spiritual yang tak pernah dilupakan.

Terlahir sebagai seorang muslim, Bang Tigor pernah pindah agama hingga mualaf, kembali ke keyakinan semula. Ia pun mengakui imannya masih belum mantap dan mudah digoyahkan.

"Jadi begini saya kan lahirnya islam ya kita kan. Segala sesuatunya punya yang mengalami yang tidak benar yang tidak baik mungkin iman saya nggak kuat," ungkap Bang Tigor di Studio Trans TV, Kawasan Mampang, Jakarta Selatan. 

Aktor kelahiran Balikpapan, Kalimantan Timur berusia 45 tahun itu pindah keyakinan pada 1998. Kala itu ia memutuskan pindah agama karena menikah dengan Selly Suryani.

Menurut Bang Tigor saat itu imannya tak kuat sehingga mengikut keyakinan istrinya saat itu. 

"Pegangan-pegangan belom kuat kan jadi memang kebawa dengan itu. Kebawa dari yang pertama (Istri) saya kebawa ya udah oke saya punya anak, saya dibawa ke situ, keluar kan (murtad), saya kan udah, akhir kebawa juga, awalnya iman saya nggak kuat," beber Bang Tigor. 

Pernikahannya dengan Selly Suryani mendapat pertentangan dari keluarga lantaran Bang Tigor pindah agama demi menikah dengan wanita yang disukainya. Padahal, keluarga Bang Tigor sangat religius.

Lantas tak ingin terus membuat orang tua kecewa, Bang Tigor akhirnya kembali memeluk agama islam.

"Dari situ terus orang tua nggak setuju, saya balik lagi (memeluk Islam), saya kan nggak mau kecewain orang tua saya, saya kan dimusuhin orang tua saya. Keluarga saya semua agamis, akhirnya saya balik, nggak papa dong dari sini ke sini nggak masalah kan, kalau ke sini lagi nggak boleh," jelas Bang Tigor. 

Bang Tigor dan istri, Aisyah Sa'diah

Bang Tigor bersyukur, setelah kembali menjadi seorang muslim dirinya merasa punya kedekatan yang lebih erat dengan keluarga. Ayahnya meninggal, ia pun sempat mendampingi di akhir-akhir hidupnya.

"Akhirnya Alhamdulillah semenjak saya balik tu nggak lama bapak saya meninggal. Untung saya sudah balik, menyatu, sempet mandiin, sempat salati, alhamdulillah," ungkapnya. 

Kini bang Tigor merasa hidupnya menjadi lebih baik apalagi punya istri salehah yang setia mendampingi serta membimbingnya ke arah yang lebih baik sesuai ajaran islam.

"Nggak, ya memang saya bilang bukan masalah itu mungkin saya menghargai harus sama ini (ikut agama mantan istri), dari yang saya bilang tadi saya nggak kuat iman, mesti seiman ajah deh tapi salah, tapi nggak papa yang berlalu biarlah berlalu. Ngapain saya ngungkit masalah lalu ya kan, yang penting kita bener ajah," tutur Bang Tigor.

"Sampe sekarang saya lebih baik lagi, ada yang ngontrol karena istri saya ini arab juga, asegaf, ngeri juga, jadi yang bener bener ajah," pungkas Bang Tigor.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait