Dokter Luar Negeri Dianggap Lebih Bagus dari Dalam Negeri, Ini Tanggapan dokter Richard Lee

Indra Kurniawan | 27 Maret 2023 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dokter Richard Lee angkat bicara atas keriuhan membandingkan dokter luar negeri dengan dalam negeri. Dalam obrolan di kanal YouTube dr. Richard Lee, MARS, dokter Tirta awalnya mengklaim kualitas dokter Indonesia tidak kalah dari luar negeri.

Menurut dokter Tirta, dokter-dokter di Singapura satu almamater dengannya di Universitas Gadjah Mada. Dokter Richard sependapat. Dia mengatakan semasa kuliah di Universitas Sriwijaya Palembang Sumatera Selatan, ada mahasiswa/i yang berasal dari Malaysia dan India. 

"Artinya mereka pun kuliah dari tempat kita, di Indonesia," sergah Richard. "Betul, secara kualitas kita tidak kalah. Tapi ada 3 hal yang membedakan kita," timpal Tirta. 

Pertama, "Karena dokter kita satu hari melayani lebih dari 50 (pasien), maka dia meningkat waktu. Karenanya komunikasi dokter kita enggak akan sebagus dokter Singapura." Kedua, biaya pelayanan di sini lebih mahal dari di luar negeri. 

Ketiga, gaji dokter luar negeri lebih tinggi dari dalam negeri. Dokter Richard kembali menyergah, "Di Singapura, satu dokter sekali konsultasi bisa Rp 5 juta - Rp 6 juta."

Benar kata Richard secara sumber daya manusianya dokter dalam negeri tidak kalah kualitasnya dengan luar negeri. Tidak secara sistem. "Itu yang membuat human kita ter-downgrade," cetus Richard. 

Namun tidak adil jika semua dokter dalam negeri dibandingkan dengan semua dokter luar negeri. Tidak semua dokter luar negeri profesional. Pun di dalam negeri. 

dokter Richard Lee hadirkan bintang tamu dokter Tirta di kanal YouTube pribadinya (YouTube Richard Lee)

"Misalnya gini ya, orang dari sini pengin ke luar negeri tentu sudah milih dokter (terbaik) dong di Singapura atau Malaysia. Enggak mungkin milih asal-asal aja. Jadi enggak apple to apple kalau kita bandingkan (semua dokter dalam negeri) dengan semua dokter di sana," ungkap Richard.

"Ada juga dokter di luar negeri, ini ada kejadian benar-benar yang harusnya diamputasi tangan kiri, (malah) tangan kanan. Artinya mereka juga bisa buat kesalahan, mereka juga ada yang bodoh, jelek," tambahnya. 

Dokter Richard Lee merupakan seorang dokter sekaligus pendiri Klinik Athena yang bergerak di bidang kecantikan dari Palembang yang ia dirikan pada tahun 2014. Lulus dari Universitas Sriwijaya, dia melanjutkan studi di ilmu kedokteran estetika dan kecantikan di American Academy of Aesthetic Medicine.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait