Kisah Mahershala Ali,  Mualaf karena Tersentuh Mendengar Bacaan Al Quran

Supriyanto | 28 Maret 2023 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Aktor Mahershala Ali telah membintangi banyak film sukses di Hollywood. Di balik kepopulerannya sebagai seorang pemain film, ada cerita menarik yang membuatnya memutuskan untuk mualaf.

Pria kulit hitam kelahiran 16 Februari 1974 ini awalnya memiliki kecenderungan di dunia olah raga. Namun nasib membawanya ke dunia hiburan melalui akting.

Cita-citanya menjadi seorang olahragawan pun berubah saat ia mulai beranjak dewasa dan memasuki perguruan tinggi.

Di masa kuliah, pemeran Bogg di film The Hunger Games itu mulai membulatkan tekadnya untuk terjun dan menekuni dunia akting. 

Soal keyakinan, keraguan Mahershala Ali mulai muncul sejak lama. Tumbuh dalam keluarga Kristiani yang religius justru membuat Ali mempertanyakan. 

Pasalnya, pria berusia 49 tahun itu menyadari bahwa selama ini keyakinannya adalah pemberian dari ibunya yang seorang pendeta baptis. Ia kemudian mengambil keputusan untuk memilih sendiri agama yang dipercayainya.

Saat mengenyam pendidikan pascasarjana Mahershala Ali memutuskan untuk membaca berbagai buku mengenai praktik spiritual dan keagamaan.

Pertemuan yang tanpa disengaja dengan gadis muslim bernama Amatus Sami-Karim mengubah pandangannya terhadap islam. Di tengah pencariaan jati dirinya terhadap sebuah keyakinan, Mahershala Ali mendapat sebuah pencerahan.

Mereka bertemu di sekolah pascasarjana dan ia sedang belajar akting sebagai sarjana di NYU. Wanita yang ditemuinya itu pun sampai sekarang menjadi istrinya.

Kondisi keduanya kala itu sama-sama sedang meragukan keyakinan yang dianutnya. Amatus Sami-Karim merupakan anak seorang imam yang sedang mempertanyakan tentang keyakinannya. 

Dalam ketidakyakinan terhadap imannya, Amatus tetap memperkenalkan Islam pada Mahershala Ali.

Akhirnya, pada suatu hari Mahershala Ali tergerak hatinya untuk masuk ke dalam masjid. Di situ ia mendengarkan langsung khutbah dari salah seorang tokoh agama serta lantunan ayat-ayat suci Al-Qu'ran dari seorang imam.

Saat itu juga spirit dan pikiran Mahershala Ali merasa begitu tenang, tersentuh hingga meneteskan air matanya. Padahal ia tidak mengerti makna ayat al-quran yang dilantunkan tersebut. 

Mahershala Ali, mualaf setelah mendengar bacaan Al Quran

Sejak saat itu, Mahershala Ali merasakan kebangkitan spiritualnya dan berusaha untuk kembali mendatangi masjid. Kedua kalinya, ia  kembali merasakan hal yang sama. Dan hari itu juga Mahershala Ali berjanji untuk masuk islam.

Keputusan menjadi mualaf dirasa Mahershala Ali sangat tepat. Sayangnya, ia terkendala untuk berterus terang soal mualaf kepada ibunya, mengingat sang ibu adalah seorang pendeta.

Butuh waktu belasan tahun hingga akhirnya ia berterus terang kepada ibunya bahwa telah menjadi seorang muslim. Namun dengan dipenuhi rasa saling mengerti, cinta serta menerima ibunya pun akhirnya tidak menolak bahwa sang anak telah berpindah keyakinan.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait