Tegas! Jokowi Larang Pejabat Pemerintah Gelar Acara Buka Puasa Bersama

Supriyanto | 28 Maret 2023 | 23:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) malarang kepada para pejabat internal pemerintah untuk menggelar acara buka puasa bersama. Perintah tersebut secara tegas disampaikan Jokowi di Istana Negara, Senin (27/3).

Presiden menyebut bahwa arahan tersebut tidak berlaku untuk masyarakat umum. Arahan larangan gelar acara buka bersama juga berlaku untuk kepala lembaga pemerintah.

"Arahan untuk tidak berbuka puasa bersama itu hanya ditujukan untuk internal pemerintah, khususnya para Menko, para menteri dan kepala lembaga pemerintah non-kementerian, bukan untuk masyarakat umum. Sekali lagi bukan untuk masyarakat umum," kata Jokowi dalam keterangan resmi, di Istana Merdeka Jakarta. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan larangan tersebut dikeluarkan  karena banyaknya sorotan masyarakat terhadap kehidupan para pejabat pemerintah saat ini. 

Karena itu, Jokowi meminta jajaran pejabat pemerintah untuk membawa semangat kesederhanaan dalam menyambut bulan Ramadan 1444 H.

"Saya minta agar jajaran pemerintah menyambut bulan puasa tahun ini dengan semangat kesederhanaan, tidak berlebihan," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga meminta jajaran pemerintah menempatkan anggaran buka puasa untuk sesuatu yang kebih bermanfaat bagi masyarakat yang bersifat kegiatan sosial.

Mulai dari pemberian santunan kepada fakir miskin, yatim piatu, hingga masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

"Termasuk juga bisa dipakai untuk mengadakan pasar murah bagi masyarakat," tegas Presiden.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait