Pernyataan Erick Tohir Usai Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Ari Kurniawan | 29 Maret 2023 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Indonesia dipastikan batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Keputusan tersebut keluarkan FIFA dalam pernyataan resminya, Rabu (29/3). 

Ketua umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan dirinya sudah berjuang semaksimal mungkin untuk mempertahankan posisi Indonesia. Salah satunya dengan bertemu langsung Presiden FIFA, Gianni Infantino. Tapi FIFA sudah mengambil keputusan.

Erick mengaku sudah menyampaikan hasil pertemuannya dengan FIFA kepada presiden Joko Widodo.

"Saya sudah berjuang maksimal. Setelah menyampaikan surat dari Presiden Jokowi, dan berbicara panjang dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, kita harus menerima keputusan FIFA yang membatalkan penyelenggaraan event yang kita sama-sama nantikan itu," ujar Erick Thohir dalam keterangan resminya, Rabu (29/3).

Menurut Erick, Indonesia harus tunduk pada keputusan yang dibuat FIFA. Sebab, dalam hal ini Indonesia sebagai anggota FIFA. 

"Indonesia adalah salah satu anggota FIFA, sehingga untuk urusan sepakbola internasional, kita harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan". 

Sebelumnya, FIFA lebih dahulu membatalkan agenda drawing Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya bergulir pada 31 Maret mendatang di Bali. Keputusan tersebut diambil setelah muncul gelombang penolakan dari berbagai kalangan hadirnya tim nasional Israel sebagai peserta.

Piala Dunia U-20 2023 sejatinya bergulir pada Mei mendatang di enam kota. Sebanyak 24 negaranya tadinya akan bertanding di Tanah Air termasuk timnas Israel.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait