Soroti Permasalahan Ahmad Dhani dan Once, Goldwin Yustantio Ungkit Soal Royalti Lagu Sepanjang Hidupku

Indra Kurniawan | 30 Maret 2023 | 10:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pengarang lagu sekaligus produser musik Goldwin Yustantio angkat bicara soal kisruh royalti karya-karya Ahmad Dhani di Dewa 19 yang dibawakan Once Mekel. Melalui akun Tiktoknya, Rabu (29/3), dia turut merasakan apa yang dirasakan oleh Dhani. 

Pemilik label rekaman Bright Records itu mengungkit karyanya lagu "Sepanjang Hidupku" yang diduga dipakai Pilotz band tanpa seizinnya dan tak membayar royalti sepeserpun. 

"Gue tahu banget rasanya Ahmad Dhani seperti apa. Sama seperti gua. Tahun 2008 gua bikin Pilot Band dan lagu (ciptaan) gue hits. Judulnya 'Sepanjang Hidupku'," kata Goldwin dikutip dari akun Tiktok pribadinya.

"Setelahnya vokalis (Pilot Band) keluar dan bikin Band sendiri dengan nama PilotZ. Terus (mereka) nyanyiin lagu gue dan me-monetize semua lagu gue. Gila sih," tambahnya. 

Goldwin Yustantio soroti permasalahan Ahmad Dhani dan Once Mekel (goldwin/tiktok)

Dikonformasi tabloidbintang, Goldwin membenarkan apa yang disampaikan di akun TikToknya. Goldwin yang menjadi pencipta lagu dan produser album perdana Pilot Band yang bertitel Sepanjang Hidupku (2008) merasa dirugikan. 

"Saya yang menciptakan, menggagas, dan memproduseri Band Pilot. Karena waktu itu saya fokus di labelnya, lalu saya mencari penyanyi pengganti dan penyanyi itu setelahnya ada wanprestasi dengan saya," kata pendiri layanan pernikahan termurah pertama di Indonesia, Nikah Xpress.

"Kalah di pengadilan, dia masih tetap menggunakan nama merek Band tersebut dan menyanyikan lagu 'Sepanjang Hidupku' untuk mendapatkan job lewat EO-EO," lanjutnya.

Job yang didapat oleh mereka menurut Goldwin lantaran dianggap memiliki lagu yang populer dan dikenal luas masyarakat. Sehingga dapat dengan mudah menggaet penonton untuk datang ke show mereka.

"Dan mereka berdalih bahwa royaltinya sudah ada yang ngatur. Ya enggak bisa seperti itu. (Selama ini) enggak ada pembayaran royalti, enggak pernah minta izin (untuk pakai lagu itu), dan saya tidak pernah memberi izin baik tertulis dan lisan," jelasnya. 

Nama Pilot dan lagu Sepanjang Hidupku diklaim Goldwin Yustantio miliknya (tabloidbintang.com)

Karenanya, Goldwin melarang mereka untuk membawakan karya-karyanya. Apalagi dalam putusan pengadilan tahun 2009 yang telah memiliki kekuatan hukum tetap kata Goldwin mereka sudah dilarang membawakan lagu-lagu dan merek Pilot Band.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait