Indisipliner, 3 Petugas Bandara Dipecat Usai Kawal Bahar Bin Smith

Supriyanto | 1 April 2023 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tiga petugas Bandara Soekarno-Hatta atau Aviation Security (Avsec) nonorganik dipecat gara-gara memperlakukan Bahar Bin Smith dengan istimewa pada Jumat (31/3) kemarin.

Dalam video yang beredar dan viral di media sosial, tampak Bahar Bin Smith baru turun dari pesawat. Bahar dijemput dan dikawal oleh ketiga petugas Avsec tersebut. Bahkan ketiga Avsec tersebut sempat mencium tangan Bahar sambil menunduk.

SM of Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi dalam pernyataan resmi mengungkap, tiga Avsec nonorganik itu dipecat terkait pelanggaran Prosedur Operasi Standar (SOP), serta tindakan indisipliner saat bertugas.

"Ketiga avsec melakukan pelanggaran berat, yakni meninggalkan area kerja tanpa melapor ke atasan langsung, lalu melakukan penjemputan dan pendampingan terhadap penumpang, di mana ini bukan SOP dari Avsec," ujar Holik Muardi, Jumat (31/3).

Menurutnya, pengawalan terhadap Bahar bin Smith yang dilakukan tiga petugas Avsec non-organik itu tidak dibenarkan.

"Tindakan ini merupakan pelanggaran SOP berat dan sangat tidak dibenarkan karena dapat menimbulkan dampak terkait aspek keamanan yang tidak kita semua inginkan," twrang Holik Muardi.

Indisipliner, 3 Petugas Bandara Dipecat Usai Kawal Bahar Bin Smith

Atas pelanggaran terhadap SOP dan tindakan indisipliner ini, AP II mengambil tindakan tegas dengan memberikan sanksi terberat sesuai perjanjian kerja ketiga petugas Avsec tersebut.

Bahar Bin Smith dikenal sebagai tokoh agama yang beberapa kali masuk penjara. Ia kerap kali menuai kontroversi di kalangan publik karena berseteru dengan berbagai pihak.

Ia divonis hukuman penjara 6 bulan 15 hari terkait kasus berita bohong atau hoaks pada hari Selasa, 16 Agustus 2022. Ia juga dituding menghina Presiden Jokowi hingga melakukan penganiayaan terhadap dua santri.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait