Rieke Diah Pitaloka Rayakan HUT RI ke-80 Hijriah di Depan Kabah

Supriyanto | 1 April 2023 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ramadan 1444 H menjadi momen tak terlupakan bagi Rieke Diah Pitaloka. Pasalnya, Ramadan tahun 2023 ini pemeran Oneng di sitkom Bajaj Bajuri itu bisa merasakan puasa sambil menunaikan ibadah umrah di Tanah Suci, Mekkah.

Bersama rombongan jamaah umrah asal Indonesia, di depan  Ka'bah, Masjidil Haram anggota Komisi VI DPR RI itu merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-80 Kemerdekaan Indonesia berdasarkan kalender Islam atau Hijriah.

"Hari ini (31 Maret 2023) adalah hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Karena hari ini 9 Ramadhan bertepatan dengan 80 tahun Kemerdekaan Indonesia jika dihitung dengan kalender Hijriah," kata Rieke Diah Pitaloka di Instagram, Sabtu (1/4).

Dalam perhitungan kalender internasional, kemerdekaan Republik Indonesia diproklamasikan pada 17 Agustus 1945. Saat itu memang bertepatan dengan 9 Ramadhan 1364 Hijriah.

"Jadi, hari ini 9 Ramadhan 1444 H dalam kalender Hijriah merupakan perayaan 80 tahun Indonesia merdeka," kata Rieke mengenakan hijab putih di depan masjid agung.

Di Masjidil Haram juga Rieke berdoa untuk bangsa Indonesia semoga mendapatkan berkah dan kemakmuran.

"Doa saya dari Multazam Makkah untuk seluruh rakyat Indonesia berkah barokah dijauhkan dari segala cobaan, selalu dalam lindungan Allah SWT," ujar Rieke.

Rieke Diah Pitaloka Rayakan HUT RI ke-80 Hijriah di Depan Kabah

"Doa saya untuk seluruh pemimpin, semoga Allah terangi hati, pikiran, jiwa dan batinnya agar mampu memberi keputusan-keputusan yang lebih baik bagi seluruh rakyat, bagi bangsa dan negara," tambahnya.

Sebelumnya, ditemui saat merilis single religi Itiraf, Rieke mengungkap perjalanan umrah dari 29 Maret hingga 3 April 2023 adalah pertama kalinya ke Tanah Suci

Bahkan, Rieke sampai tak sanggup membendung rasa haru ketika mendapat kesempatan tersebut. Ia mengaku tak menyangka masih bisa mendapat kesempatan untuk berangkat ke Tanah Suci saat usia sudah menginjak 49 tahun.

"Rabu, mau umrah. Terima kasih dan alhamdulillah bisa dipanggil," pungkas Rieke Diah Pitaloka.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait