Jangan Santai Dulu! Ini 7 Hal yang Harus Dilakukan Pasca Sedot Lemak

Alam Mary | 3 Desember 2023 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jangan dikira selesai melakukan sedot lemak, seseorang bisa langsung santai-santai menikmati hasilnya. Karena masih ada banyak hal yang harus dilakukan dan itu menuntut kedisiplinan. Bersikap abai dan cuek, hasil akhir sedot lemak yang diharapkan bisa jadi meleset.

Melansir laman Pop Cosmetics Surgery, setidaknya ada 7 hal yang harus menjadi perhatian oleh mereka yang baru saja selesai melakukan sedot lemak. Berikut ini daftarnya, dimulai dari hal yang paling penting atau utama.

1. Istirahat yang cukup

Dokter akan memberitahu seberapa banyak istirahat yang harus dilakukan. Semua tergantung pada seberapa besar area tubuh yang terdampak pasca sedot lemak. Namun satu hal yang harus disiapkan sebelum Anda tiba di rumah, yaitu area tempat tidur yang sudah dibersihkan, nyaman dan lega. Lengkap dengan bantal-bantal yang dapat digunakan sebagai penopang agar dapat tidur dengan nyaman. Siapkan semua ini sebelum pergi ke rumah sakit. Baru beres-beres setelah pulang hanya akan menghabiskan tenaga dan berisiko terhadap kesehatan secara keseluruhan.

2. Patuhi aturan untuk mengenakan pakaian kompresi

Pakaian kompresi adalah pakaian setelan yang dirancang khusus hingga mirip kulit yang ketat membungkus tubuh. Walau merepotkan saat mengenakannya, seseorang yang baru melakukan sedot lemak harus disiplin mengenakannya untuk membantu pembentukan tubuh secara keseluruhan yang lebih optimal. Dokter akan memberi alat kompresi berupa perban, namun ini biasanya hanya khusus di area terdampak utama. 

3. Tetap minum obat-obatan yang diberikan dokter

Secanggih apapun prosedur sedot lemak, tetap akan ada obat-obatan khusus yang dibawa pulang dan harus dihabiskan. Jangan pernah menyepelekan hal satu ini!

4. Bergerak

Walau harus banyak istirahat, namun tubuh harus tetap digerakkan. Bahkan lakukan secepatnya begitu tiba di rumah. Yang penting, gerakan yang dilakukan jangan terlalu berat atau hingga menghabiskan energi. Bergerak  jalan di sekitar area rumah sudah cukup. Hal ini penting dilakukan agar aliran darah tetap lancar, yang nantinya akan membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. 

5. Rawat luka sayatan

Bagi mereka yang melakukan sedot lemak sekaligus operasi bedah kulit untuk mengencangkan area yang bergelambir, maka akan ada bekas luka cukup vital yang harus dirawat. Ikuti ajuran dokter soal perawatan yang harus dilakukan. Jaga kebersihannya dan jaga juga aktivitas fisik agar tidak sampai membuat luka kembali menganga atau infeksi.

6. Waspadai komplikasi

Beberapa hari pasca sedot lemak harus dibarengi dengan kewaspadaan akan munculnya komplikasi. Tentukan rumah sakit untuk tindak darurat jika komplikasi terjadi, minta bantuan keluarga atau orang lain yang tinggal satu rumah untuk ikut mengawasi dan bertindak cepat jika komplikasi yang tidak diinginkan terjadi.

7. Jaga pola makan

Hindari mengonsumsi junk food, minuman beralkohol, dan juga rokok. Pilih makanan yang sehat dan bernutrisi untuk membantu memulihkan luka dan menghindari risiko komplikasi. Menjaga pola makan ini bisa dilakukan seterusnya, tidak hanya saat masa pemulihan usai sedot lemak, agar lemak-lemak nakal tidak kembali lagi.

Penulis : Alam Mary
Editor: Alam Mary
Berita Terkait