Sandiaga Uno Sebut Dampak Ekonomi Konser Ed Sheeran Mencapai Rp100 Miliar

Siti Adisya Kirana | 28 Februari 2024 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ed Sheeran akan menggelar konser di Jakarta bertajuk + - = ÷ x Tour 2024. Konser tersebut akan diadakan di Jakarta Internasional Stadium (JIS) pada 2 Maret 2024 mendatang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyebut, konse Ed Sheeran yang mampu menyerap puluhan ribu penonton diharapkan bisa memberikan dampak ekonomi lebih dari Rp 100 miliar.

“Tipikal pengeluaran wisatawan nusantara hingga 50 ribu penonton itu pengalinya Rp2,7 juta, dan dampak langsung konservatif lebih dari Rp100 miliar,” ucap Sandiaga Uno kepada wartawan belum lama ini.

Sandiaga yakin konser tersebut akan tetap memberikan sensasi panggung 360 derajat meskipun dipindahkan ke JIS.

Sementara itu, Vinsensius Jemadu, Deputi Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, berkomitmen untuk mengadakan konser Ed Sheeran yang berkualitas tinggi bersama promotor PK Entertainment.

PK Entertainment adalah promotor konser Coldplay di Jakarta pada November 2023 lalu.

"Kami melihat promotor PK Entertainment ini sudah semakin meningkat kualitas penyelenggaraannya setelah kesuksesan Coldplay," ucap Vinsensius.

Selain itu, ia berharap konser Ed Sheeran akan membantu pariwisata dan industri kreatif Indonesia.

 "Sebanyak 10–15 persen wisatawan mancanegara akan hadir di konser tersebut, sehingga bisa memberi kontribusi pada perekonomian," imbuhnya.

Sebagai informasi, konser Ed Sheeran awalnya dijadwalkan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Namun, karena GBK akan digunakan untuk persiapan Pra-Piala Dunia antara Indonesia dan Vietnam, akhirnya dipindahkan ke JIS.

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Supriyanto
Berita Terkait