Giring Ganesha Ungkap Alasan Utama Hengkang dari Nidji

Indra Kurniawan | 4 April 2024 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Giring Ganesha memutuskan kembali ke dunia musik usai dua kali gagal lolos ke Senayan. Pengumuman kembali ke dunia musik diungkap Giring saat tampil untuk pertama kali di Anjungan Sarinah Jakarta, Senin (1/4) malam. 

Di depan penonton yang menyaksikan aksi panggungnya, dia berkata, "Dengan kerendahan hati yang paling dalam saya mohon doa dan restu agar bisa lancar balik ke musik Indonesia. Berkat teman-teman semua, terima kasih." 

Nama Giring sendiri sudah populer di kalangan penikmat musik Nidji. Ya bersama Nidji, Giring memiliki lima album studio yang mengantarnya ke puncak popularitas. Namun pada 2019 Giring membuat keputusan besar, hengkang dari Nidji. 

Melansir Kanal Youtube Ari Lasso TV, Giring mengungkap alasan hengkang dari grup yang terbentuk pada 2002.

"Kenapa elu memutuskan berhenti atau keluar atau apa, lebih tepatnya elu menyebut itu apa? Cukup mengagetkan loh itu," tanya Ari Lasso.

Giring meraih sukses besar bersama Nidji di masa lalu. (Tabloidbintang.com)

"Kebetulan saat itu tuh berbarengan dengan apa ya? Gue pribadi kan punya start up ya, kincir.com, nah itu kan dapet investasi. Nah habis itu saat saya mendapat kesempatan saat bersamaan juga, terus gue mikir kalau gini terus gue nggak akan berkembang, ya udah akhirnya gue milih kincir.com aja," ungkap Giring.

"Berarti kalau elu di Nidji, elu enggak berkembang gitu?" tanya Ari Lasso.

"Gue mengaku saat itu gue enggak berkembang, gue saat itu enggak bisa mengembangkan diri gue yang lebih lagi, gue udah mentok di situ dan enggak bisa mengembangkan lagi," ucap Giring.

Semula, suami Cynthia Riza ini meminta untuk rehat sejenak lalu balik lagi. Hanya saja rekan-rekannya di Nidji keberatan dengan keinginan itu. 

"Dua, tiga tahun terakhir itu, sudah kayak robot. Manggung, melakukan hal yang sama, sekarang gue ngerti kenapa band-band favorit itu sangat produktif dan kreatif kayak Coldplay, lha kalau kayak kita kan enggak, di-grill terus kan," katanya.

Dia juga mengungkap kondisi Nidji pada saat itu para personelnya sudah tidak satu visi misi bersama. 

"Apa sih yang elu pikirin bahwa Nidji itu tidak berkembang? Padahal menurut gue, Nidji sudah punya segalanya gitu loh. Terus kenapa di saat semuanya dapet, elu ngerasa tidak berkembang" tanya Ari Lasso.

"Ya pasti lah dalam sebuah band itu pasti ada berantem-berantemnya, ada kecewanya juga, ada yang enggak sevisinya juga," jelas Giring.

"Jadi lama-lama karena memang sudah tercipta suasana dan kondisi yang seperti itu. Dan karena memang sudah tidak bisa diubah lagi. Dan akhirnya gue pikir, gue pribadi masih punya mimpi, punya kekuatan masih punya energi untuk membuat yang lebih lagi," tambahnya.

Keputusan Giring untuk terjun ke politik praktis tidak semulus yang dibayangkan. Dua kali ia gagal lolos ke Senayan yaitu pada Pemilu 2019 dan Pemilu 2024.

Pencipta lagu "Sang Mantan" ini maju sebagai calon anggota legislatif untuk daerah pemilihan Jawa Barat I. Perolehan suara Giring kalah dari caleg lain. Apalagi partainya tidak memenuhi ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait