Lebaran di Pakistan, Dewi Perssik: Budayanya Beda

Supriyanto | 14 April 2024 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dewi Perssik merayakan Lebaran di Pakistan bersama Rully, kekasihnya. Depe ke Pakistan dalam rangka memenuhi undangan KJRI Pakistan untuk menghibur warga Indonesia yang ada di sana.

"Kenapa aku lebaran di Pakistan, aku diundang sama ibu Konjen yaitu Ani Koencoro, aku diundang beliau karena mas Rully kerja di Air Blue Pakistan, di maskapai Pakistan," buka Dewi Perssik kepada wartawan lewat pesan WhatsApp belum lama ini.

Ini pertama kalinya mantan istri Saipul Jamil itu merayakan Lebaran di Pakistan. Dewi Perssik pun membagikan pengalaman seru Idul Fitri bersama pacar di Pakistan.

"Suasana lebaran di Pakistan nggak jauh beda sama kayak di Indonesia. Cuma di sini (Pakistan) budayanya aja beda, kayak di sini malam takbiran dua hari sebelum lebaran ada malam hena, mereka pasang hena di tangannya ada pesta hena," kata Dewi Perssik.

Pemilik Goyang Gergaji itu merasakan malam Lebaran yang berbeda. Tak ada keceriaan ataupun keramaian suara bedug maupun takbir mengiringi malam takbiran.

"Kemudian kalau misalkan malam takbiran di Pakistan jarang dengar silaturahmi. Kalau di Indonesia malam takbiran bisa keliling door to door, di sini enggak. Malam takbir keliling pukul bedug dan takbir di masjid enggak, paling cuma setiap salat aja takbir. Solat Ied nya sama kayak kita," paparnya.

Pakistan juga ada tradisi membeli baju lebaran. Hanya saja di sana harganya dinaikkan jelang lebaran.

"Uniknya di Pakistan itu kalau lagi lebaran mereka ini toko toko jelang lebaran harga mahal kalau di Indonesia kan discount gede- gedean. Baru abis lebaran harganya murah," pungkas Dewi Perssik.

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait