Dua Lipa hingga Raffi Ahmad Kecam Israel, Ramaikan Tagar #AllEyesOnRafah

Supriyanto | 29 Mei 2024 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Serangan udara Israel terhadap kamp pengungsian di Rafah, Gaza selatan pada Minggu (26/5) kemarin memicu kobaran api dahsyat. Setidaknya 45 orang meninggal dalam serangan tersebut yang sebagian besar ibu dan anak-anak.

Hingga sekarang sulit memastikan jumlah total korban yang terluka, karena rumah sakit sekitar Rafah telah ditutup karena serangan drone Israel.

Aksi kekejaman Israel itu dikecam oleh berbagai negara dan mengutuk Perdana Mentri Israel, Benjamin Netanyahu.

Sejumlah tokoh selebriti juga menyampaikan pesan dukungan dengan menggunakan tagar #AllEyesOnRafah yang bermakna 'Semua Mata Tertuju pada Rafah' di media sosial terutama X dan Instagram.

Dua Lipa salah satu selebritis dunia yang lantang menyuarakan isu itu di media sosial. Bahkan menekankan bahwa Israel melalukan genosida di Rafah karena telah membakar warga sipil dan anak-anak.

"Membakar anak-anak hidup-hidup tidak pernah bisa dibenarkan. Seluruh dunia sedang bergerak untuk menghentikan genosida Israel. Mohon tunjukkan solidaritas Anda untuk Gaza," ujar Dua Lipa di akun Instagram miliknya dilihat Selasa (28/5).

Unggahan Dua Lipa di Instagram #alleyesonrafah

Hingga Rabu (29/5) siang tagar #AllEyesOnRafah sudah diposting di Instagram lebih dari 33,9 juta kali dengan gambar ilustrasi yang diciptakan kecerdasan buatan atau AI.

Dalam gambar tersebut, terdapat ribuan tenda pengungsi membentang dan tenda-tenda membentuk tulisan 'All Eyes on Rafah' di bagian tengah.

Beberapa selebriti Indonesia juga ikut meramaikan hastag #AllEyesOnRafah di antaranya Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Arbani Yasiz, Jefri Nichol, Abidzar Al Ghifari, Rizky Nazar,Zaskia Adya Mecca, Sherina Munaf, Hannah Al Rashid, Adinia Wirasti, Tara Basro, Rachel Amanda, Enzy Storia, Alyssa Daguise, Shireen Sungkar, hingga Al Ghazali ikut merepost.

Hal ini merupakan bentuk solidaritas untuk mendukung Palestina yang menjadi korban bombardir Israel.

Raffi Ahmad dengan 75,9 juta pengikut di Instagram, mengunggah layar hitam bertuliskan "Pray for Rafah, All Eyes on Rafah." Pada keterangan unggahan, ia memberikan emotikon tangan yang menangkup hormat dan berdoa. 

Jefri Nichol mengunggah sederet momen pilu anak-anak di Rafah yang kehilangan orang tercinta akibat genosida yang dilakukan Israel.

Atta Halilintar dengan pengikut 36,7 juta membuat unggahan gambar seorang bocah Palestina di antara tenda pengungsian menatap pesawat bertuliskan Rafah sedang menjatuhkan bom-bom ke wilayah sipil ini. Pada slide berikutnya, Atta mengunggah foto kampanye yang viral di seluruh dunia itu bertuliskan 'All Eyes on Rafah' itu. "Doa untuk Rafah hari ini," tulis Atta pada keterangan unggahannya. 

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait