Moeldoko Ungkap Besarnya Peran dan Dukungan Istri, dokter Siska Khair Beri Respons Begini

Indra Kurniawan | 6 Juni 2024 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setahun sudah Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko tinggal tanpa sang istri tercinta, Koesni Harningsih. Koesni meninggal dunia pada 12 Maret 2023 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Bahagia Tangerang Selatan.

Kepada dr. Siska Khair dan Shireen Sungkar untuk kanal YouTube doktersiska, Moeldoko mengenang kembali sosok Koesni dari awal berjumpa hingga mengembuskan napas terakhir. Di mata Moeldoko, Koesni adalah segalanya.

"Istri saya segalanya, ya. Saya bisa seperti ini karena istri. Saya harus jujur sepenuhnya bahwa saya Moeldoko bisa seperti ini karena istri, bisa menjadi Panglima (TNI) karena istri," ungkap pria kelahiran Kediri, 8 Juli 1967. 

Moeldoko menyebut kekuatan istrinya luar biasa. Sepanjang pernikahannya dengan Koesni, Moeldoko mengaku tidak pernah memikirkan hal aneh-aneh. Dia hanya fokus pada tugas dan istrinya sangat mendukungnya. 

"Dia sangat memahami itu sehingga enggak ada sama sekali handicap dalam menjalankan kegiatan dan pekerjaan. Semua mendapat dukungan penuh dari istri. Ada sebuah pengertian yang sangat tinggi. Sabar yang paling sulit, ya," jelas Moeldoko.

Moeldoko kemudian mencontohkan salah satu bentuk pengertian sang istri. Akhir pekan yang seharusnya digunakan untuk bercengkerama dengan keluarga, dipakai untuk kuliah dari S1, S2 hingga S3.

Moeldoko bersama istri tercinta semasa hidup. (Instagram/Moeldoko)

"Itu sebuah pengorbanan bagi keluarga loh. Enggak gampang, ya tapi bisa menerima dengan baik. Saya juga sering minta duit pada istri. Enggak rewel dia. Hebatnya istri saya enggak pernah komplain. Walaupun pakai uang pribadi, dia enggak masalah," kata Moeldoko.

dokter Siska kemudian mengutip pepatah lama, "Berarti betul, ya, di balik pria sukses, ada wanita hebat di belakangnya." 

"Ya betul itu, exactly! Great woman. Kalau di belakang kita enggak punya kekuatan besar, enggak bisa jadi pendobrak, enggak bisa jadi pendorong," Moeldoko setuju apa yang dikatakan dokter Siska.

Moeldoko menikahi Koesni Harningsih pada 1985 setelah diperkenalkan oleh saudaranya yang kebetulan memiliki relasi bisnis dengan calon mertuanya. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai sepasang anak laki-laki dan perempuan, Randy Bimantara dan Joanina Rachma.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait