Raffi Ahmad hingga Saipul Jamil, Berikut Selebriti yang Pergi Haji tahun 2024

Supriyanto | 9 Juni 2024 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pergi haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan umat muslim bagi yang mampu. Setiap tahunnya, jutaan umat muslim di seluruh dunia melakukan perjalanan suci ke Mekkah.

Indonesia tahun ini mendapat 221.000 kuota haji. Selain itu, Indonesia juga mendapat tambahan sebesar 20.000 kuota.

Jadi, total kuota haji Indonesia tahun 2024 berjumlah 241.000 jemaah, terdiri atas 213.320 kuota jemaah haji reguler dan 27.680 kuota jemaah haji khusus.

Tahun ini ada beberapa selebriti yang beruntung mendapat kesempatan untuk berangkat haji. Ada yang lewat jalur reguler dan melalui jalur khusus, atau haji furoda.

Raffi Ahmad sekeluarga dan Atta Halilintar berangkat pergi haji dengan jalur khusus. Sementara Saipul Jamil yang sudah lebih dulu berangkat, menunaikan ibadah haji melalui jalur reguler.

Berikut deretan artis yang berangkat haji di tahun 2024:

1. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sempat batal berangkat di tahun 2023, Raffi Ahmad dan istri, Nagita Slavina menunaikan ibadah haji tahun ini. Merwka berangkat pada Sabtu (8/6) bersama rombongan keluarga yakni Amy Qanita, Rieta Amilia, Caca Tengker, Syahnaz, Nisya Ahmad, dan 3 orang karyawan paling lama.

Mereka pergi haji tahun ini lewat jalur furoda. 3 karyawan yang diajak menunaikan ibadah haji adalah manajernya, Prio, serta dua orang tim RANS Entertainment, yakni Abrar dan Mohamad Fahmi Salim.

2. Arie Untung

Presenter Arie Untung menunaikan ibadah haji yang kedua, setelah tahun lalu bersama istrinya, Fenita Arie. Tahun ini, Arie Untung pergi haji bersama rombongan travel yang mengajaknya secara mendadak.

"Karena kebetulan Mas Arie sekalian nemenin jemaah bersama travel. Dan, kemarin itu dikabarkan agak dadakan. Jadi dalam waktu 2 hari saya mesti kasih keputusan untuk ikut atau tidak karena proses masukan data dan lain-lain," jelas Fenita Arie kepqda wartawan.

"Tapi qadarullah karena saya sudah terlanjur janji sama anak-anak buat nemenin mereka karena salah satu anak saya ada yang mesti graduation, terus ada juga yang mesti pindahan apartemen, jadi kayaknya nggak tega ditinggal mulu," lanjutnya.

3. Oki Setiana Dewi, Shindy Putri, dan Ria Ricis

Ustazah Oki Setiana Dewi beserta kedua adiknya, Shindy Putri dan Ria Ricis menunaikan ibadah haji tahun ini. Tahun lalu, Oki sudah haji bersama suami dan ibundanya

Segala persiapan sudah dilakukan mulai dari manasik serta persiapan fisik untuk menghadapi cuaca panas di Tanah Suci.

"Persiapannya lebih ke secara keilmuan dan fisik," kata Oki Setiana Dewi kepada wartawan

4. Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah

Atta Halilintar dan istri, Aurel Hermansyah mengaku deg-degan jelang menunaikan ibadah haji pertama kali. Saat gelar walimatussafar, Atta yang masih berusia 29 tahun tak menyangka bisa mendapat kesempatan pergi haji bersama istri.

"Minta restunya, minta doanya semoga jadi haji. Ini pertama kali seumur hidup naik haji. Jadi rasanya deg-degan merasa nggak pantas, tapi dikasih rezeki. Kata ustaz biar masih muda ibadah maksimal. Masih muda kadang merasa pantes nggak ya," tutur Atta Halilintar.

5. Tantri Kotak dan Arda

Tantri Kotak dan suami, Arda Naff sudah tiba di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji. Mengikhlaskan tidak membeli mobil baru, Tantri dan Arda memilih untuk menabung pergi haji.

Mereka berangkat lewat jalur furoda. Tantri tak menyangka impiannya untuk menunaikan ibadah haji dimudahkan.

"Sebenarnya kalau misalkan ditanya menunggu bertahun-tahun kita alhamdulillah dikasih kesempatan, diberi kemudahan sama Allah," ucap Tantri Kotak.

"Selama visa belum ada kita nggak confirm, begitu visa keluar legal, kita berdua nangis pasti," tambah Arda Naff.

6. Ronal Surapradja

Ronal Surapradja menunaikan ibadah haji bersama rombongan jemaah Menan Travel yang dipandu Ustaz Abi Makki. Bintang film The Wedding & Bebek Betutu itu tak menyangka cepat mendapatkan kesempatan ini.

Dia baru mendaftar pada 2018, tak disangka Januari 2024 dia mendapat informasi bisa berangkat musim haji tahun ini.

7. Saipul Jamil

Saipul Jamil sudah berangkat menunaukan ibadah haji sejak pertengahanNei 2024. Saipul Jamil brangkat bersama jemaah haji lainnya lewat jalur reguler dari Asrama Haji Pondok Indah.

"BISMILLAH HAJI 2024 ! Mohon doa nya semoga kami menjadi haji yang mabrur Aamiin," tulis Saipul Jamil dalam unggahan di akun Instagram pribadinya.

Penulis : Supriyanto
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait