Jadi Guru Biologi, Vidi Aldiano Berharap Tak Ada Lagi Kesenjangan Pendidikan

Abdul Rahman Syaukani | 18 September 2018 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Vidi Aldiano menaruh minat besar pada dunia pendidikan. Hal itu membuatnya kerap mengikuti sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan selama beberapa tahun terakhir. 

“Aku sudah beberapa tahun ini ikut kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan Indonesia. Mulai dari aku lulus S-2, banyak forum yang aku ikuti, seperti kemarin UNFPA dan kegiatan foundation yang berhubungan dengan pendidikan,” ujar Vidi Aldiano saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (17/9).

Yang terbaru, Vidi Aldiano menjadi pengajar mata pelajaran Biologi lewat platform digital Quipper. Model pembelajaran online ini bisa diakses oleh semua siswa di berbagai daerah, tidak peduli di lokasi terpencil sekalipun. 

“Tahun ini berkolaborasi dengan Quipper untuk bisa mengajar. Aku juga punya passion kelak bisa menjadi dosen. Ini merupakan opportunity aku untuk belajar juga,” tuturnya.

Dengan adanya platform digital seperti Quipper, Vidi Aldiano berharap kesenjangan pendidikan yang selama ini terjadi antara di desa dan kota tidak terjadi lagi. Karena baik di kota maupun di desa mereka dapat mengakses pelajaran yang sama. “Mudah-mudahan manfaatnya jadi lebih besar karena ini jangkauannya tidak hanya siswa di satu kelas,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu Vidi Aldiano menjelaskan kenapa dirinya mau jadi pengajar Biologi. Ternyata pria 28 tahun itu sudah sangat menyukai mata pelajaran tersebut sejak duduk di bangku SMP dan SMA.

“Aku dari SMP dan SMA masuk tim Olimpiade Biologi. Biologi itu mata pelajaran favorit aku dari waktu SMP dan SMA. Dari dulu sempat pengin jadi dokter sebenarnya, tapi ada keputusan besar ketika aku lulus SMA yang berhubungan sama bisnis keluarga. Akhirnya aku enggak jadi ambil dokter,” papar Vidi Aldiano.

(man/bin)

Penulis : Abdul Rahman Syaukani
Editor: Abdul Rahman Syaukani
Berita Terkait