Penjelasan Zack Lee kepada Putrinya Bahwa Mommy dan Daddy Tak Bisa Bersatu Lagi

Vallesca Souisa | 22 Oktober 2018 | 19:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kepada Bintang, Zack Lee menceritakan liku-liku kehidupannya pascaperceraian. 

“Setelah perceraian, semuanya kembali normal. Sekarang hubungan kami malah lebih baik. Enggak ada ribut-ribut, baper-baper. Meski tinggal terpisah, aku dan Nafa cukup dekat dan bekerja sama dengan baik dalam mengasuh putri kami,” ungkap pria kelahiran Liverpool, Inggris, 15 Agustus 1984 ini ketika kami wawancarai selepas mempromosikan film horor perdananya, Jaga Pocong, Selasa (9/10).

Sejak setahun berlalu, Zack Lee fokus berkarya dan mengasuh putrinya, Mikhaela Lee Jowono (7) bersama Nafa Urbach. 

Zack terkadang menemui Mikha—panggilan Mikhaela—di rumah lama mereka, yang kini ditinggali putrinya bersama Nafa. Bahkan dia menginap di rumah itu bila mereka meminta.

“Pada waktu lain, ganti Mikha yang menginap di tempatku. Enggak ada batas maupun larangan (untuk menemui Mikha). Ketika Nafa sibuk, seperti akhir Oktober ini banyak kegiatan dan dia bahkan harus pergi ke luar kota, aku yang menjaga Mikha di rumah,” terang Zack. 

Meski sekarang segala sesuatunya terasa lebih baik, Zack tak memungkiri, awalnya perceraian terasa sulit.

“Sedih menghadapi kenyataan ini. Bukan sesuatu yang gampang dijalani. Aku rasa tahun lalu, bahkan mungkin sampai awal tahun ini adalah masa terberat dalam kehidupanku. Perceraian tidak mudah, karena kami pernah bersama dan aku menghargai kebersamaan itu, khususnya menyangkut putriku. Dia satu-satunya anak kami. Dia hanya mempunyai ayah dan ibunya,” kata Zack. 

Suatu kali Mikha berkata kepada Zack, “Daddy, Mikha sedih. Mikha mau Daddy tinggal saja bersama, seperti dulu.” Kembali tebersit rasa sedih di hati. Zack dan Nafa selalu terbuka pada putri mereka, menjelaskan kenyataan yang ada—bahwa mereka telah berpisah—sesimpel dan sehalus mungkin. 

“Aku menjawab pertanyaan Mikha, ya, bagaimana, Daddy dan Mommy tidak bersama lagi. Lalu dia balik bertanya, 'Kenapa, Daddy?' Aku menjelaskan sebisa mungkin. Dia bisa mengerti kenyataan kami sudah berpisah. Namun aku dan Nafa selalu mengusahakan supaya dia enggak merasa kehilangan Daddy atau Mommy. Bahwa kami berdua tetap ada untuknya.”

Zack Lee siap sedia membantu Nafa menjaga serta mengasuh Mikha, namun tetap tak mengubah statusnya yang menduda. 

Tahun ini Zack Lee membintangi 2 film layar lebar: Buffalo Boys dan Jaga Pocong. Selain itu terlibat dalam film yang tayang di HBO dan Netflix, salah satunya The Night Comes for Us bulan ini. 

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait