Buat Pencinta Gadget, Siap-siap Menyambut Layanan Jaringan 5G

Panditio Rayendra | 21 Agustus 2019 | 18:05 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perkembangan teknologi terus bergulir dan menyentuh banyak aspek kehidupan salah satunya komunikasi. Kini, gadget memungkinkan orang berkomunikasi hingga transaksi. Itu tak mungkin terjadi tanpa dukungan sinyal yang ciamik.

Rabu (21/8/2019), PT XL Axiata Tbk. (XL Axiata) mematangkan persiapan untuk merilis layanan 5G. Berbagai persiapan telah dilakukan sejak dua tahun terakhir, khususnya ekosistem pendukung serta menyiapkan jaringan data berkapasitas besar dengan melakukan fiberisasi di seluruh jaringan.


Fiberisasi ini bisa meningkatkan kapasitas transportasi jaringan hingga lebih dari 5 kali lipat dibandingkan transportasi bukan fiber. Selain itu, uji coba layanan 5G kali ketiga dilakukan untuk menguji berbagai aspek teknis dan teknologi.

Uji coba yang didukung Ericsson Indonesia ini dihelat dengan mendemonstrasikan kemampuan berkomunikasi layanan 5G secara virtual via tampilan hologram. XL Axiata telah mengantongi izin khusus dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.


Karenanya, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, Rudiantara, hadir menyaksikan langsung uji coba ini. “Kami mengadopsi teknologi 5G, yakni teknologi jaringan yang paling canggih saat ini. Persiapan kami serius dan menyentuh semua aspek. Kami terus membangun ekosistem, terutama jaringan data yang memadai. Uji coba kali ini untuk lebih mengenal lagi berbagai aspek teknologi dan implementasinya di jaringan kami,” urai Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya di Jakarta Selatan.


Seperti diketahui, uji coba jaringan 5G kali pertama dilakukan XL Axiata di halaman Grha XL Jakarta, pada April 2017. Ini merupakan uji coba 5G di luar ruangan (outdoor) pertama di Indonesia yang menampilkan demo pemanfaatan virtual reality dan uji kecepatan (speed test). Uji coba 5G kedua dilakukan pada Agustus 2018, di Kawasan Kota Tua, Jakarta. “Kami menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi digital yang pesat. Mengingat konsumen menuntut layanan data yang terbaik agar bisa lebih produktif,” pungkas Yessie.

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait