Jangan Panik Bu, Ternyata Cegukan Punya Manfaaat Penting untuk Bayi

Rizki Adis Abeba | 20 November 2019 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ketika bayi cegukan, orang tua biasanya melakukan berbagai cara untuk menghentikannya. Mulai dari memberikan air minum hingga ada mitos menempelkan kertas basah di jidat bayi untuk menghentikan cegukan. Padahal, tahukah Anda bahwa cegukan ternyata memberikan manfaat untuk bayi?

Dalam penelitian terbaru yang dirilis di jurnal Neurofisiologi Klinis AS disebutkan bahwa cegukan sebenarnya memiliki fungsi penting bagi bayi. Faktanya, para peneliti dari Universitas College London, Inggris, mengatakan bahwa cegukan dapat membantu bayi untuk memonitor dan mengatur sistem pernapasan dengan memicu kerja sinyal otak.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan di Universitas College London mencatat aktivitas otak dari 13 bayi baru lahir menggunakan elektroda electroencephalography (EEG) yang ditempatkan pada kulit kepala mereka. Untuk memantau ketika bayi cegukan, sensor gerakan ditempatkan pada tubuh bayi.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa cegukan pada bayi memicu tiga gelombang otak, yang ketiga di antaranya mungkin membantu bayi belajar mengatur pernapasan dan mengendalikan otot yang berkaitan dengan pernapasan, seperti diafragma.

“Aktivitas yang dihasilkan dari cegukan mungkin membantu otak bayi untuk belajar bagaimana memonitor otot-otot pernapasan sehingga akhirnya bernapas dapat dikendalikan secara sukarela dengan menggerakkan diafragma ke atas dan ke bawah,” kata Dr. Lorenzo Fabrizi Ph.D, peneliti senior di Universitas College London yang merupakan salah satu penulis utama studi tersebut.

Lorenzo Fabrizi menjelaskan lebih lanjut, “Ketika kita dilahirkan, sirkuit yang memproses sensasi tubuh tidak sepenuhnya berkembang, sehingga pembentukan jaringan semacam itu merupakan tonggak perkembangan yang penting bagi bayi baru lahir.”

Tentu saja, meskipun cegukan lebih banyak terjadi pada bayi, hal itu akan terus terjadi setelah melewati masa bayi, bahkan terjadi pada usia dewasam di mana pengaturan pernapasan dan kontrol otot sudah dikuasai. Namun, berbeda degan bayi, belum ada penelitian yang membuktikan adanya manfaat cegukan pada orang dewasa.

(riz)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait