Ustaz Riza Muhammad Beberkan Kronologi Penahanan Dirinya di Imigrasi Hongkong

Ari Kurniawan | 26 November 2019 | 08:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ustaz Riza Muhammad mengalami kejadian tidak mengenakkan saat hendak memenuhi undangan ceramah di Hongkong, akhir pekan kemarin. Ustaz Risa ditahan selama sekitar tujuh jam, sebelum akhirnya dipulangkan ke Tanah Air. 

Dijumpai di Studio TransTV, Jakarta Selatan, Senin (25/11), Ustaz Riza Muhammad membeberkan kronologis kejadian yang menimpanya. Semua bermula dari undangan yang diterima Ustaz Riza dari dua majelis taklim yang ada di Hongkong. 

"Jelas pengundangannya Majelis Wirit Harian Hongkong dan Majelis Nurul Falaq Kendal Hongkong," beri tahu Ustaz Riza Muhammad. 

Ustaz Riza Muhammad ditemani asistennya tiba di bandara Hongkong pukul 6 pagi waktu setempat. Ustaz Riza berdiri di belakang asistennya saat mengantri untuk pengecekan imigrasi.

"Asisten saya kasih pasport lolos, nah begitu saya kasih pasport, dia (petugas) lihat saya dan agak lama. Terus dia bikin notice, disimpen notice itu, saya disuruh ke pinggir. Belum pernah saya digituin sama pihak imigrasi," tutur Ustaz Riza.

Ustaz Riza digiring ke ruangan khusus. Di situ ia disodori beberapa pertanyaan oleh petugas. "Dia nanya anda mau kemana, saya katakan saya dipanggil menjadi pembicara oleh komunitas Islam yang ada ada di Hongkong, saya katakan mereka (komunitas Islam) mengundang saya. Ditanya bawa uang berapa, saldo ATM berapa, dan di sini berapa hari."

Ustaz Riza sudah berusaha menghubungi pihak JKRI di Hongkong. Tapi, tidak ada yang bisa dilakukan untuk membantunya. Ustaz Riza pun tertahan cukup lama di ruang imigrasi tanpa pendampingan. 

"Tujuh jam tidak ada yang dampingi, tidak ada perwakilan yang dateng. Bayangin aja public figure seperti saya diperlakukan seperti itu, gimana teman-teman TKI yang membutuhkan perlindungan hukum," tandas Ustaz Riza Muhammad. 

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait