Tolak Endorse, Ruben Onsu Ogah Liburan ke Luar Negeri Gratisan

Ari Kurniawan | 10 Januari 2020 | 08:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Belakangan makin banyak artis jalan-jalan ke luar negeri dengan biaya sponsor alias endorse. Tak perlu keluar uang, sang artis bisa pelesir ke berbagai negara, hanya dengan membuat postingan tertentu di akun media sosialnya. 

Ruben Onsu menilai fenomena endorsement di kalangan pesohor cukup wajar. 

"Ya nggak apa-apa. Itu followers kan termasuk aset kita dan itu dipromosikan.  Nggak masalah," kata Ruben Onsu, di Studio TransTV,  Jakarta Selatan, Kamis (9/1).  

Ruben Onsu sendiri, yang memiliki 21 juta pengikut di Instagram, cukup sering mendapat tawaran dari biro perjalanan untuk liburan gratis. Tapi, ayah Betrand Peto itu selalu menolak. 

"Saya biaya sendiri. Nggak ada nge-tag. Kalau gue nge-tag itu tandanya dia emang baik banget atau mungkin proses saat gue check in di-service dengan baik," bilangnya. 

Ruben Onsu mengatakan dirinya masih sanggup membiayai sendiri liburannya bersama keluarga. Tak mau yang berlebihan, Ruben selalu menyesuaikan rencana jalan-jalan dengan kemampuan finansial. 

"Gue kalau jalan sekompi. Sekali jalan bisa 15 - 20 orang. Kalau mau ke negara mana, gue harus itung duit gue dulu. Bukan nggak ada duit, duit mah ada, tapi kan uangnya nggak di situ doang. Saya kan ada usaha ini itu, jadi posnya udah ada tiap hari dan bulan yang harus saya isi," jelas Ruben Onsu panjang lebar.  

Akhir tahun kemarin, Ruben Onsu mengajak keluarganya berlibur ke Italia. Untuk tahun ini, Ruben berencana untuk terbang ke Selandia Baru.  

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait