Ruben Onsu Akui Betrand Peto Masih Harus Banyak Belajar Bahasa Indonesia

Ari Kurniawan | 15 Januari 2020 | 06:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dari Nusa Tenggara Timur (NTT), Ruben Onsu membawa Betrand Peto ke ibu kota. Ruben pun memasukkan Betrand ke salah satu sekolah elit di Jakarta.  

Sejauh ini, Ruben Onsu cukup puas dengan nilai yang didapat Betrand Peto di sekolahnya. Hanya ada beberapa mata pelajaran yang masih harus disempurnakan.  

"Betrand harus banyak belajar Bahasa Indonesia, karena nilainya 79. Yang lainnya sudah di atas 80," beri tahu Ruben Onsu, saat dijumpai di Studio TransTV, Jakarta Selatan, Selasa (14/1). 

Di daerah asalnya, Betrand Peto terbiasa menggunakan bahasa daerah. Hal itu membuat Betrand butuh waktu lebih lama untuk menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

"Ketika ngomong, ada bahasa yang harus di-translate. Saya tahu maksudnya apa. Kalau saya translet dia bilang, 'cuma ayah yang mengerti kakak'. Dia pengin dimengerti jadi nggak boleh salah penyampaian. Saaya harus detil menerangkannya," Ruben Onsu menjelaskan. 

Untuk Matematika, IPA,  dan Bahasa Mandarin, kata Ruben Onsu, Betrand Peto cukup menonjol. Terutama Bahasa Mandarin, di mana Betrand mendapat bimbingan langsung dari bundanya, Sarwendah. Meski mendapat nilai yang bagus, Ruben Onsu tak ingin buru-buru memberikan hadiah untuk anak-anaknya. 

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait