Kiat Merawat Busana Muslim Berdasarkan Material 

aura.co.id Minggu, 4 Oktober 2020 17:00:23
Hadir dalam beragam model dan jenis bahan yang cantik, busana muslim yang ada di pasaran begitu memikat hati. (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Hadir dalam beragam model dan jenis bahan yang cantik, busana muslim yang ada di pasaran begitu memikat hati. Namun, selain memilih yang disukai, kita juga harus mengetahui cara merawat pakaian itu. Terutama untuk pencucian pertama sebelum dikenakan. Agar jangan sampai pakaian rusak sebelum waktunya, simak cara merawat pakaian berdasarkan materialnya berikut ini:

Katun

Kain katun adalah material yang paling sering digunakan, mengingat sifatnya yang tahan lama dan cepat kering. Anda bisa mencuci dan mengeringkan kain katun di mesin cuci atau bisa juga mengeringkannya dengan cara menggantungnya. Usahakan untuk tidak menggunakan cairan pemutih pada kain katun, kecuali kain itu berwarna putih. Penggunaan cairan pemutih pada pakaian berwarna dapat menyebabkan warna luntur. Karena sifatnya yang mudah kusut, setrika terlebih dulu sebelum dipakai. 

Linen

Sama halnya dengan kain katun, kain linen dapat dicuci di mesin cuci. Namun, untuk mengeringkannya sebaiknya gunakan pengering dengan kekuatan rendah atau menjemurnya dengan cara dijepit langsung pada tali jemuran (line dry). Hal ini dilakukan agar kain tidak cepat kusut, karena sifat kain yang lebih mudah kusut dibanding kain katun. 

(Depositphotos)
(Depositphotos)

Sutra

Identik dengan kesan elegan, cara merawat kain sutra tidak boleh sembarangan. Kain sutra hanya boleh dicuci kering (dry clean). Anda bisa mencucinya dengan tangan apabila terdapat noda pada kain. Caranya, rendam kain sutra dengan air dingin dan oleskan detergen langsung pada noda. Setelah itu, rendam selama 30 menit dan bilas dengan air pada suhu ruangan. Untuk mengeringkannya, bungkus kain dengan handuk dan tekan hingga semua airnya keluar. Hindari memeras kain dan membuatnya terkena sinar matahari langsung. Untuk mengatasi kain yang kusut, gunakan steamer.

Poliester 

Memiliki sifat yang hampir sama dengan kain katun, cara mencuci kain poliester pun tidak jauh berbeda. Namun, untuk mengatasi kain kusut, sebaiknya gunakan steamer dibanding setrika.

Nilon

Sifatnya yang elastis memudahkan Anda untuk merawat pakaian berbahan nilon. Cuci kain nilon dengan air hangat dan gunakan pengering dengan kekuatan sedang atau rendah. Keluarkan segera dari mesin cuci setelah kain dikeringkan untuk menghindarkan kain dari kekusutan.

Rayon 

Kain rayon mudah rusak apabila terkena air. Gunakan tas laundry dan air dingin untuk mencucinya di mesin cuci. Anda juga dapat mencucinya dengan tangan. Setelah itu, keringkan dengan cara dibentangkan. 

Spandex

Kain spandex biasanya dipadukan dengan material lain seperti katun dan poliester. Cara mencucinya pun hampir sama dengan cara mencuci kain katun, namun keringkan kain spandex dengan cara digantung langsung pada tali jemuran atau gunakan pengering dengan kekuatan sedang.

Penulis aura.co.id
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.