Disomasi Gegara Orang Gila Bebas Covid, Deddy Corbuzier Soroti KBBI

Indra Kurniawan Rabu, 30 Juni 2021 23:30:30
Deddy Corbuzier (Ari / tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Perkumpulan Jiwa Sehat (PJS) dan 80 organisasi lainnya melayangkan somasi kepada Deddy Corbuzier dan komika Mongol Stress atas unggahan podcast di kanal YouTube Deddy Corbuzier yang berjudul "ORANG GILA BEBAS COVID!!"

Perkumpulan Jiwa Sehat dan 80 organisasi lainnya merasa keberatan mengenai sebutan "orang gila" di podcast Deddy. Menurut Perkumpulan Jiwa Sehat, sebutan yang digunakan saat ini bukan orang gila melainkan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) atau Penyandang Disabilitas Mental.

Terkait ODGJ kebal Covid-19, Perkumpulan Jiwa Sehat menegaskan tidak benar. Oleh karenanya, mereka memberikan  waktu 6×24 jam kepada duda Kalina Oktarani untuk menarik unggahan itu dan meminta maaf.

Merespons somasi Perkumpulan Jiwa Sehat dan 80 organisasi lainnya, Deddy Corbuzier dengan berjiwa besar minta maaf. Permintaan maaf disampaikan Deddy, Rabu (30/6), lewat akun Instagramnya.

"Namanya manusia minta maaf kan baik. Jadi saya minta maaf kalau ada yang tersinggung karena kata-kata GILA. Sumpah deh, saya enggak tahu kalau kata-kata itu salah," tulis Deddy.

Deddy kaget sebutan orang gila kini berganti Orang Dengan Gangguan Jiwa. Sebab saat ia mengecek di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) masih pakai kata "gila". 

"Dan saya baru paham ada kata ODGJ. Artinya saya enggak pintar dan enggak update, nih. Maafkan, yaa ... Maafkan kami. Mudah-mudahan KBBI nya juga segera dirubah yaaa," ucap pemilik 14,8 juta subscribers YouTube.


Penulis Indra Kurniawan
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore