Ijonk-Dhena Sempat Batal Nikah di Gereja Tiba-tiba Resepsi, Lalu Menikah dengan Cara Agama Apa?

Tubagus Guritno | 30 Agustus 2021 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Masih seputar polemik rumah tangga Jonathan Frizzy dan Dhena Devanka. Kabar simpang siur mengenai pernikahan keduanya pun semakin mengemuka terutama yang terkait dengan agama.

Mulai dari Dhena yang disebut pindah agama dari Islam mengikuti agama Ijonk yang Kristen untuk menikah di gereja. Kabar ini merupakan versi yang dating dari Benny Simanjuntak, paman Ijonk sejak tahun 2012 silam.

Kemudian kabar lainnya justru menyebut Ijonk yang pindah agama dari Kristen menjadi Islam mengikuti keyakinan Dhena. Dan keduanya menikah secara Islam serta tercatat di KUA. Hal ini yang kemudian menjadi dasar Dhena menggugat cerai Ijonk melalui pengadilan Agama. Informasi ini adalah versi Ibnu Ali Tindri, kuasa hukum Dhena Devanka, yang mengungkap bahwa pernikahan kliennya dengan Jonathan Frizzy dilakukan secara Islam dan sah tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA).

Dalam arsip tabloidbintang.com, ternyata kedua hal tersebut jika disimpulkan juga menjadi sumir.

Pertama, kabar pernikahan Ijonk diungkap oleh Benny Simanjuntak pada 25 Mei 2012. Dia memberitahu media bahwa keponakannya itu akan menikah pada 27 Mei 2012.

"Dena sudah pindah agama. Dia dibaptis sama pendeta Gilbert akhir tahun lalu, dan disaksikan sama opungnya, karena ijonk dekat dengan opungnya," jelas Benny Simanjuntak, paman Ijonk, saat ditemui wartawan di kawasan Tebet, Jakarta 25 Mei 2012. Baca: https://archive.tabloidbintang.com/berita/gosip/54451-calon-istripindah-agama-pernikahan-jonathan-frizzy-tak-dihadiri-keluarga-mempelai-wanita.html

Namun kemudian masih kabar dari Benny, bahwa pernikahan Ijonk-Dhena yangs sedianya dilangsungkan 27 Mei 2012  batal terlaksana

Menurutnya, pihak keluarga memutuskan untuk tidak melangsungkan pernikahan saat ini karena persiapan yang terlalu mepet.

"Banyak ketidaksiapannya. Pagi tadi keputusan keluarga diundur sebulan, biar benar-benar siap," jelas bos Contoh Management itu, saat dihubungi wartawan, 27 Mei 2012 .

Diceritakan oleh Benny, pernikahan Ijonk dan Dena memang sangat tergesa-gesa. Bahkan terkesan ditutup-tutupi.

Hal itu diduga lantaran Dena yang baru saja berpindah keyakinan, mengikuti keyakinan Ijonk. Mereka khawatir mendapat tentangan dari pihak keluarga calon mempelai wanita.

"Saya mau nggak usah ada yang ditutup-tutupi," kata Benny. Baca: https://archive.tabloidbintang.com/berita/gosip/54467-pernikahan-jonathan-frizzy-hari-ini-dibatalkan.html

Ditambahkan Benny, dalam berita lainnya, karena persiapan yang kurang matang, pihak keluarga akhirnya memutuskan untuk menunda prosesi permberkatan hingga bulan depan.

"Dari gereja minta diundur sebulan," terang Benny Simanjuntak, paman Ijonk saat dihubungi wartawan, Minggu siang.

Kapan pastinya tanggal pernikahan Ijonk dan Dena, menurut Benny, pihak keluarga masih belum menentukan.

"Tanggal pastinya belum ditentukan, karena dari pihak gereja yang akan menentukan. Mudah-mudahan nggak ada halangan lagi, " kata Benny. Baca: https://archive.tabloidbintang.com/berita/gosip/54476-diundur-tanggal-pernikahan-jonathan-frizzy-belum-ditentukan.html

Pernyataan sang paman dikuatkan sekaligus diralat oleh Ijonk sendiri pada 18 Juni 2012. Menurutnya pernikahan yang sedianya digelar 27 Mei 2012 bukan batal, tapi diundur.

Saat ditemui di Studio PSI, Pengadegan, Jakarta Selatan, 18 Juni 2012 malam, Ijonk memberikan klarifikasi.

"Aku sama sekali enggak membatalkan pernikahan. Yang kemarin itu memang diundur saja, bukan dibatalkan ya," terang mantan pacar Masayu Anastasia ini.

Ijonk mengaku masih mencari tanggal yang tepat untuk menggelar pernikahannya dengan Dena.

"Untuk waktunya doain saja, itu kan hari bahagia enggak mungkin aku diam-diam menikah. Nanti kalau sudah ada tanggal baru dikasih tahu," papar pria kelahiran Pematang Siantar, 13 April 1982 ini. Baca: https://archive.tabloidbintang.com/berita/polah/55291-jonathan-frizzy-bantah-batal-menikah.html

Namun beberapa bulan kemudian, tepatnya 14 Desember 2012 malam, Ijonk-Dhena menggelar resepsi pernikahan tertutup di Aston Kuningan Suites hotel Ground Floor, Kuningan Jakarta Selatan.

files/large/jonatha-frizzy-dan-dhena-yudha.jpg/745" data-sub-html="Jonathan Frizzy dan Dhena Devanka usai resepsi pernikahan pada 14 Desember 2012 (Yudha / dok. tabloidbintang.com)">
files/large/jonatha-frizzy-dan-dhena-yudha.jpg/745" width="" height="" src="https://api.tabloidbintang.comassets/img/blank.jpg" alt="Jonathan Frizzy dan Dhena Devanka usai resepsi pernikahan pada 14 Desember 2012 (Yudha / dok. tabloidbintang.com)">
Jonathan Frizzy dan Dhena Devanka usai resepsi pernikahan pada 14 Desember 2012 (Yudha / dok. tabloidbintang.com)

Walau menggelar resepsi pernikahan yang tertutup bagi media, Jonathan Frizzy akhirnya membuka pintu untuk para wartawan.

Pria yang akrab disapa Ijonk itu beralasan hal ini dilakukannya karena permintaan dari teman-teman artis dan keluarga yang di tua-kan.

Ijonk juga mengatakan kalau dirinya sudah menikah secara baik-baik. Ia juga menambahkan, tidak mau mengungkit permasalahan-permasalahan lain di luar pernikahan mereka. Baca: https://archive.tabloidbintang.com/berita/gosip/61052-resepsi-pernikahan-dihadiri-keluarga-besarnya,-ijonk-kami-sudah-bahagia.html

Jadi, setelah batal pada 27 Mei 2012, sebenarnya tidak dikabarkan dan tidak ada pernyataan resmi dari pihak mana pun, bagaimana, kapan, dengan tata cara agama apa Ijonk dan Dhena menikah. Hingga akhirnya digelar resepsi pernikahan pada 14 Desember 2012.

Kita tunggu fakta-fakta persidangan (jika pendaftaran gugatan cerai Dhena diterima) di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Penulis : Tubagus Guritno
Editor: Tubagus Guritno
Berita Terkait