Masuk Islam, Sophia Bakal Kembali Pakai Nama "Latjuba"?

Endang Jamhari Sabtu, 10 Mei 2014 10:14:08
Sophia Latjuba (Seno/BION)

TABLOIDBINTANG.COM - DI tengah kabar kedekatan dengan Ariel "NOAH", Sophia Latjuba atau Sophia Mueller diam-diam telah memeluk agama Islam.

Apakah ini siasat Sophia agar bisa melenggang ke pelaminan bersama Ariel? "Soal agama, privat banget," ujar Sophia sembari tersenyum. Ia menegaskan, keputusannya memeluk Islam bukan lantaran memuluskan jalannya menikah dengan penggemar Kurt Coban itu. Juga bukan karena desakan sang kekasih.

"Saya mualaf bukan karena siapa-siapa. Ini (menjadi mualaf) adalah hubungan saya dengan Tuhan, bukan karena saya mau menikah atau apapun," tegasnya. Seorang sumber Bintang menyebutkan, Sophia pindah keyakinan setelah membaca buku Cahaya pemberian nenek dari ayahnya. Dari buku itu, Sophia tertarik belajar Islam. "Sophia tidak mau jika dirinya memeluk agama Islam dikait-kaitkan dengan Ariel," ucap sumber Bintang.

Setelah menjadi mualaf, wanita yang merayakan ulang tahun setiap tanggal 18 Agustus ini berharap  bisa semakin mendalami ajaran Islam. "Saya masih terus belajar," katanya. Salah satunya dengan membaca Destiny Disrupted: A History of the world Through Islamic Eyes. Buku karangan Tamim Ansray ini mengisahkan tentang sejarah agama Islam. Buku itu ia unggah dalam jejaring sosial Twitter.

Islam sebenarnya dekat dengan kehidupan Sophia. Almarhum ayahnya, Azzizurahman Latjuba adalah cucu Abu Hanifah atau dikenal dengan nama Mahmud Latjuba, pendiri Partai  Masyumi. Memiliki ayah asal Bugis, Sulawesi Selatan tentunya ajaran agama Islam sempat dipelajarinya ketika masih kecil, meskipun akhirnya Sophia memilih agama yang dianut ibundanya.

Hubungan Sophia dengan sang ayah cukup dekat, namun entah kenapa tiba-tiba merenggang. Bahkan ketika sang ayah meninggal, Sophia yang kala itu tengah berada di Los Angeles tidak datang melayat.

"Ketika dia memutuskan berganti nama (dari Sophia Latjuba menjadi Sophia Mueller), erat kaitannya dengan agama. Latjuba adalah marga muslim. Kakek buyut Sophia adalah pendiri Partai Masyumi," bisik sumber Bintang.

Sang sumber melanjutkan, keluarga Latjuba di Bugis sempat membicarakan perubahan nama belakang Sophia. "Sophia dengan kesadaran sendiri menanggalkan nama belakang Latjuba," tambahnya. Sementara Sophia menegaskan pergantian nama belakanganya pertanda ia ingin menghormati sang ibu, Anna Mueller. "Saya ingin menghormati ibu saya dan keluarga besarnya," jelasnya.

(ej/han/adm)


Penulis Endang Jamhari
Editor -
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore