Sophia Latjuba Ungkap Keberatannya Dipanggil Tante, Netizen Pro Kontra

Ulfa Gusti Utami | 7 Maret 2018 | 21:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sophia Latjuba nampaknya merasa kurang nyaman dengan kebiasaan oang Indonesia menyapa dirinya dengan sebutan kakak, mbak, ibu atau tante.  Apalagi panggilan itu ditujukan kepadanya oleh seseorang yang tak memiliki hubungan darah.

Hal ini diungkap Sophia Latjuba melalui unggahan di Instastorynya beberapa waktu. Unggahan Sophia ini kemudian dibagikan kembali oleh akun @lambenyinyir ke Instagram, Selasa (6/3). Sophia menuangkan pendapatnya mengenai sapaan yang disematkan orang-orang kepadanya.

Menurut Sophia Latjuba, hanya anak-anaknya saja lah yang seharusnya memanggil dirinya dengan sebutan ibu. Sophia Latjuba juga merasa keberatan jika dirinya dipanggil tante oleh orang yang bukan saudaranya.

"Hanya anak-anak saya yang boleh memanggil saya Ibu. Dan tolong jangan mulai (memanggil) saya Bunda. Kecuali saya adalah saudara perempuan ayah atau ibumu, tolong menahan diri untuk (tidak memanggil) Tante juga. Terima kasih," ungkap Sophia diunggahannya.

Sophia juga melanjutkan jika baginya, sapaan bunda, tante, mbak, kakak, dll tidaklah penting. Sophia berpendapat bahwa rasa hormat itu tidak diukur dari sapaan nama, melainkan dari perilaku masing-masing individu.

"Menghargai dan respect itu datang dari manners dan perilaku kita, bukan dari imbuhan nama," tambahnya.

Sophia Latjuba sendiri terbiasa menanyakan terlebih dahulu sapaan apa yang diinginkan lawan bicaranya. Sophia Latjuba bahkan tak merasa keberatan jika dirinya hanya dipanggil dengan Sophia atau Nyonya Latjuba.

"Jika saya bertemu seseorang untuk pertama kalinya, saya selalu bertanya kepada orang itu bagaimana ia ingin dipanggil. Saya tidak masalah untuk dipanggil Sophia (karena itu nama saya) atau Nyonya Latjuba untuk pertemuan formal. Hanya mengungkapkan pendapat," jelas Sophia Latjuba dalam bahasa Inggris.

Pernyataan Sophia Latjuba yang diunggah kembali oleh @lambenyinyir ini pun langsung mendapat beragam tanggapan dari netizen. Tak sedikit netizen yang menganggap jika Sophia Latjuba tidak menyesuaikan diri dengan budaya Indonesia. Meski begitu, ada juga netizen yang memilih menghargai opini Sophia Latjuba tersebut.

"Mungkin takut terlihat lbh tua krn sebutan itu.. Padahal emang uda tua..," ujar netizen.

"Yaaaahhh....mbak cantik ini lupa klo tinggal di indo. Gk usah sebegitu bapernya keless ada yg manggil bun da, tante dsb...itu penghormatannnn.justru krn orang itu respeks sm anda," celetuk netizen lain.

"Posthink, beliau terbiasa dengan sapaan 'barat' yang hanya menggunakan nama," bela netizen.

(gst / wida)

Penulis : Ulfa Gusti Utami
Editor: Ulfa Gusti Utami
Berita Terkait