Perjuangan Franda, Sempat Terpikir Caesar Jelang Persalinan Anak Pertama

Altov Johar | 2 Mei 2018 | 17:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Franda mengungkapkan pengalamannya saat melahirkan anak pertamanya. Sebab ini kali pertama ia merasakan hamil dan menjalani persalinan. Apalagi dia melahirkan secara normal.

Sejak awal Franda ingin merasakan persalinan secara normal. Namun dia tak menyangkal, rasa sakit yang dilaluinya begitu dahsyat, sehingga mengingatkannya pada perjuangan seorang ibu.

"Aku memang lahiran ingin normal dan Puji Tuhan dikasih normal. Tapi sakitnya luar biasa banget, aku jadi mikir seorang ibu memang perjuangannya luar biasa saat melahirkan," ujar Franda di Rumah Sakit Kemang Medical Care, Jakarta Selatan, Rabu (2/5).

Tahap demi tahap dilalui Franda hingga akhirnya menjalang kelahiran sang buah hati. Hanya saja saat pembukaan mulut rahim hampir mencapai maksimal, dia mengaku terpikir untuk melakukan persalinan secara caesar.

"Sakit banget lahiran normal. Apa lagi saat bukaan 8 dan 9 kayak mikir, kenapa enggak caesar aja yah. Tapi aku berdamai dengan diri sendiri karena ingin normal. Aku menikmati semua prosesnya dan ada kebanggaan tersendiri," ungkapnya.

Franda bersyukur bisa melalui persalinan normal dengan lancar. Bahkan menurut penuturan orang-orang, prosesnya terbilang cepat, hingga sang bayi terlahir ke dunia.

"Perjuangannya aku luar biasa banget. Banyak yang bilang lumayan cepat untuk aku melahirkan anak pertama. Aku prosesnya ini cepat dari jam 4 pagi sampai 7 pagi, aku sudah melahirkan," kata Franda.

Anak pertama Franda dan Samuel Zylgwyn lahir pada 29 April 2018 pukul 07.20 WIB. Bayi berjenis kelamin perempuan yang diberi nama Zylvechia Ecclesie Heckenbucker itu lahir dengan berat badan 3,3 kilogram, dan panjang badan 50 sentimeter.

(tov/ray)

Penulis : Altov Johar
Editor: Altov Johar
Berita Terkait