KPI Melarang Peserta Pilkada Ucapkan Selamat dan Ceramah di TV

TEMPO | 8 Mei 2018 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - KPI meminta para calon kepala daerah tidak tampil di layar kaca, kecuali debat yang diselenggarakan penyelenggara pemilu. Larangan tampil di televisi itu juga berlaku bagi peserta pemilihan kepala daerah atau Pilkada untuk acara bermain seni peran, mengucapkan selamat Ramadan atau lebaran, dan ceramah.

“Tidak boleh," kata KPI, Yuliandre Darwis, di kantor Badan Pengawas Pemilu, Senin, 7 Mei 2018. Larangan itu dimaksudkan untuk menciptakan azas keberimbangan.

KPI bersama Badan Pengawas Pemilu, Komisi Pemilihan Umum dan Dewan Pers telah membentuk gugus tugas untuk mengatur regulasi masalah ini. "Kalau dia calon, tidak boleh sama sekali tampil di layar kaca. Ini akan menjadi kewenangan kami untuk mengawasi."

Menurut dia, saat ini kampanye peserta politik di media penyiaran juga sudah tidak ada setelah kejadian ditemukannya dugaan pelanggaran kampanye Partai Perindo di televisi. Media juga sudah lebih berhati-hati dalam menerima iklan dari peserta pemilu.

Jika ada media penyiaran yang nekat menampilkan calon kepala daerah sebelum pemungutan suara, maka bakal diberikan sanksi. Sanksi, kata dia, bisa berupa teguran, pengurangan jam tayang sampai pencabutan program. "Calon kepala daerah memberi ceramah di televisi tidak boleh. Kalau bukan menjadi calon baru boleh," ujarnya.

Bahkan, berdasarkan laporan yang diterima KPI, media sudah bisa menolak iklan dari peserta pilkada karena memang dilarang. "Ada waktunya untuk iklan. Sekarang saya lihat sudah on the track."

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait