Program Rumah DP Nol Rupiah Ditunda, Ini Alasan Sandiaga Uno

TEMPO | 25 Mei 2018 | 10:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Program DP Nol Rupiah dipastikan belum akan diluncurkan dalam waktu dekat. Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, Pemerintah DKI masih menunggu modul komunikasi mengenai DP Nol Rupiah yang belum selesai hingga hari ini.

"Kita tidak ingin rilis sebelum modul komunikasi selesai, karena kemarin itu simpang siurnya luar biasa mengenai program ini," kata Sandiaga kepada wartawan di Balai Kota DKI, Kamis, 24 Mei 2018.

Sebelumnya, Pemerintah DKI telah menugaskan kepada Dinas Perumahan dan juga empat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk berkoordinasi dengan tim komunikasi. Adapun, keempat BUMD itu adalah Bank DKI, PD Pembangunan Sarana Jaya, PT Jakarta Propertindo, dan PD Pasar Jaya.

Hal itu sesuai dengan instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menggelar rapat pimpinan pada 25 April 2018. Anies bahkan memerintahkan supaya menyewa jasa konsultan komunikasi supaya informasi program rumah DP Nol Rupiah tak simpang siur ketika diluncurkan.

Sandiaga mengatakan modul komunikasi tersebut harus bisa membantu warga dalam memahami mengenai kebijakan DP Nol Rupiah. Karena itu, ia berharap bahwa modul tersebut harus menggunakan bahasa sederhana supaya mudah dipahami warga.

"Saya sebenarnya mau secepatnya tapi kami tidak ingin terburu-buru dan hasilnya malah menjadi blunder," ujar Sandiaga.

Sandiaga Uno memastikan bahwa saat ini Peraturan Gubernur soal DP Nol Rupiah dan juga Peraturan Gubernur mengenai pembiayaan DP Nol Rupiah telah selesai disusun. Ia berharap, setelah modul komunikasi telah siap, program ini bisa segera diluncurkan.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait