Bukalapak Masih Belum Bisa Diakses, Kapan Kembali Normal?

TEMPO | 28 Mei 2018 | 14:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Server e-commerce Bukalapak masih down hingga pukul 13.45 pada hari ini. Situs jual beli tersebut tak dapat diakses. Tampilan situs Bukalapakhanya berwarna merah muda dengan tulisan "server maintenance dan mohon maaf server sedang dalam perbaikan".

Saat ini sebetulnya Bukalapak sedang menawarkan berbagai promo hingga kesempatan untuk mendapatkan hadiah utama satu Mitsubishi Xpander selama berbelanja di bulan Ramadan 2018. Akibatnya, pengguna Bukalapak di Twitter pun meradang, netizen beramai-ramai mengkritik dengan memunculkan tagar #bukalapakerror dan #bukalapakdown di media sosial twitter.

Pemilik akun @fivewen menulis, “Admin, masa’ maintenance server di siang bolong kayak gini? Maintenance-nya pas tengah malam kek,” cuit pemilik akun @fivewen pada Senin, 28 Mei 2018. Komentar lain dari pemilik akun @Strategi_Bisnis. “Situs Bukalapak sudah down lebih dari 12 jam. Kehilangan yang masif baik dari aspek pendapatan dan reputasi. Minggu ini, trafik mereka mungkin sekitar 15 juta vistors per day. Lonjakan trafik Ramadan sale yang amat tinggi. Alhasil server Bukalapak jebol juga,” cuit akun tersebut.

Pengguna sebagian besar mempertanyakan kapan server Bukalapak kembali normal, begitu pula dengan pelapak yang tergabung di perusahaan e-commerce tersebut. “Mati total pelapak pelanja galau, duit nyangkut,” cuit akun _@Oka2_Bento.

Evi Andarini, Corporate Communications Manager Bukalapak menyampaikan permintaan maaf kepada konsumen terkait dengan hal ini. "Untuk para konsumen, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," ujarnya ketika dihubungi Tempo, Senin, 28 Mei 2018. Kata Evi, akibat perbaikan server itu, situs Bukalapak tidak dapat diakses. "Saat ini tim kami sedang bekerja keras untuk penanganan hal ini. Mohon menunggu dan silakan kamu melakukan percobaan secara berkala," katanya.

Perbaikan server itu, menurutnya, terjadi karena Biznet Data Center sedang mati listrik. Untuk itu, pihaknya akan berupaya agar server kembali normal pada hari ini juga. Ketika ditanya perkiraan waktu untuk perbaikan server hingga situs bisa kembali diakses secara normal, ia menolak menjawab. "Pokoknya segera. "Evi juga belum bisa memperkirakan berapa kerugian Bukalapak akibat perbaikan server tersebut. "Intinya kami prioritaskan dulu berusaha yang terbaik untuk memulihkan sistem supaya kembali normal," tuturnya.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait